Ruang Di Terompet 29

31 10 2014

Terompet 29.
Suatu rumah tempat berdoa, berbagi, dievaluasi, merencanakan, dan diubahkan.
Terompet 29 punya banyak ruang, dengan nama yang berbeda.
Setiap ruangan punya makna yang berbeda, dan kuharap aku bisa meneladaninya.

Ruang Abraham
Aku berharap punya iman seperti Abraham, yang tidak banyak bertanya tapi turut saja dengan kehendak Tuhan

Ruang Musa
Aku berharap punya keyakinan dan keteguhan hati seperti Musa, disaat disaat dia ragu akan panggilan Tuhan hingga akhirnya dia menyelesaikan pelayanannya

Ruang Daud
Aku berharap punya kedekatan yang begitu intim dengan Tuhan seperti Daud yang bisa menari dengan girangnya karena Tuhan dan merasakan kekeringan begitu dalam disaat jauh dengan Tuhan

Ruang Habakuk
Aku berharap punya hati yang terus beria-ria di dalam Allahseperti Habakuk, meskipun keadaan sekeliling mengecewakannya

Ruang Yusuf
Aku berharap punya hati yang siap menerima anugerah yang diberikan Tuhan seperti Yusuf, yang meskipun Maria mengandung bukan dari hubungannya dengan Yusuf, tapi dia siap menerimanya

Ruang Maria
Aku berharap punya hati yang siap untuk dicaci seperti Maria, yang walaupun mengandung Yesus bukan dari hubungan pernikahan tapi dari Roh Kudus, tetap mengerjakan pelayanannya

Ruang Nehemia
Aku berharap punya tangisan yang begitu dalam terhadap kehancuran dunia ini, seperti Nehemia menangis karena tembok Yerusalem yang hancur

Kiranya, saat kita melakukan intern, jam doa, pertemuan dan sebagainya, kita bisa mengingat teladan dari nama ruangan tersebut.
Jikalau ada teladan lain yang teman-teman dapatkan dari tokoh itu, juga boleh ditambahkan di komentar.
:)
Semangat Terompet 29

(Terompet 29 adalah Sekretariat UKM Kebaktian Mahasiswa Kristen USU. Disinilah pengerjaan aktivitas  pelayanan untuk mahasiswa dikerjakan, terkhusus dalam hal rohani. Disini semua mahasiswa yang terdiri dari fakultas yang berbeda berkumpul bersama.
Tapi kami tidak tahu, sampai berapa lama lagi Tuhan izinkan berada disini. Tetap berdoa semua :))





Apakah Perbedaan Dua Gambar Ini?

26 10 2014

Halo semua.

Kali ini aku mau posting yang agak berbeda. Postinganku kali ini singkat, dan lebih melibatkan teman-teman untuk mengomentari post ini.

Aku punya 2 gambar:

Gambar 1

anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2

z6k9wm46

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Silahkan beri tanggapan tentang dua gambar yang “berbeda” ini. Apa kira-kira yang kalian tangkap dari gambar ini?





Skripsi (Saat Keatas Satu-satunya Cara Lepas Dari Himpitan)

21 10 2014

Halo semua..

Apa kabarnya ini?

Kali ini aku mau posting tentang beberapa hal yang aku lihat di media sosial beberapa hari ini. Ada yang lucu dan ada yang membuat hatiku sedih. Tapi tetap saling berkaitan. Apakah itu?

Kayaknya rata-rata pernah liat gambar ini kan?

Gambar ini pertama kali aku lihat, saat temanku di kampus membagikan gambar ini yang diposting di FP Meme Comic Indonesia. Karena temanku ada yang namanya kurniawan juga, jadi dimentionlah si kurniawan itu. Lucu ya kata-katanya, biar gak cepat habis, kata mama si kurniawan, jangan diborosi dan disembunyikanlah indomi kalo datang temannya.

Aku sih gak tau, apakah surat itu adalah surat betulan yang dibuat seorang ibu, ato emang buatan fans MCI. Tapi yang jelas, surat itu jelas-jelas menggambarkan fakta, bahwa memang tidak semua orang tua punya banyak uang untuk diborosi. Tidak semua kondisi ekonomi setiap orang sama.  Bagi yang mahasiswa rantau, orangtua dalam pikirannya sering ya anaknya kuliah di sana. Jadi dia fokus kerja cari nafkah. Terkadang sampai menggadaikan barang atau meminjam uang kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan kuliah anaknya.

Kalo dari gambar ini aku ngelihat, ya mungkin memang kondisi keuangan orangtuanya sedang tak baik. Mungkin bukannya mau pelit orang tuanya, tapi karena memang kalo terlalu diboros ato cepat habis itu indomie, mungkin akan terus minta ke kampung padahal keuangan juga harus dijaga. Apalagi bagi yang punya saudara yang masih sekolah. Kebutuhan anak sekolah sekarang kan mahal-mahal semua. Kalo dapat di sekolah negeri ya mungkin gak terlalu berat, tapi kalo swasta?

Dan ini gambar kedua.

Gambar ini aku dapat dari berita yang aku lihat tadi malam. Ini dia link beritanya, bukan link spam kok :)

http://www.merdeka.com/peristiwa/diduga-stres-gara-gara-skripsi-mahasiswa-usu-gantung-diri.html

Dari berita itu, yang kutangkap sih sahabat ini stres karena data skripsinya hilang, karena laptopnya hilang juga. Dia juga dikenakan deadline 3 bulan lagi untuk menyelesaikan skripsinya kalo tidak mau di DO pihak kampus. Ya siapa juga gak kalang kabut, dengan kondisi tinggal 3 bulan lagi waktu, selama ini skripsi sudah dikerjakan dan tak disangka hilang laptop itu beserta datanya.

Aku gak tahu apa alasan kenapa dia agak lama mengerjakan skripsinya. Tapi mungkin saja dia juga sudah dapat pertanyaan kapan tamat kuliah atau tuntutan dari kampung oleh orang tua untuk segera menyelesaikan skripsinya. Ya wajar saja. Semangat orang tua kan bertambah kalo memikirkan anaknya sudah tamat kuliah. Artinya tanggungannya dalam hal biaya sudah sedikit berkurang, karena pastinya diharapkan dapat menghasilkan uang sendiri kalo sudah tamat.  Ya hampir berkaitan dengan gambar pertama tadi, bagaimana tampak bahwa memang uang tidak mudah untuk didapatkan sehingga harus berhemat.

Mungkin dia terhimpit dari segala sisi.

Dari orang tua yang menanyakan dan meminta untuk segera menyelesaikan skripsi.
Dari pihak kampus yang memberikan deadline 3 bulan lagi sebelum DODari melihat teman-temannya sudah tamat duluan
Dari kejadian terakhir, laptopnya hilang padahal disitu semua data skripsinya.

Wah, memang suatu kondisi yang kalau tidak dapat berpikiran positif memang bisa berdampak fatal ya.

Dari judul postku diatas, kita bisa melihat kalimat “Saat Keatas Satu-satunya Cara Lepas Dari Himpitan”, yang kumaksud bukanlah untuk mengakhiri hidup dan pergi meninggalkan dunia ini.
Tapi yang kumaksud adalah, disaat di dunia ini sepertinya tak ada lagi pengharapan atau pertolongan yang bisa didapatkan di dunia ini atau berharap sesuatu yang mustahil akan terjadi, maka sebenarnya pada pencipta dunia ini ada pertolongan itu.
Allah yang menciptakan segala termasuk kita. Dan dia sangat mengasihi kita ciptaanya yang mulia.
Kasih-Nya yang begitu besar nyatalah dalam Tuhan Yesus yang mau mati untuk menebus kita dari dosa yang berujung pada maut.
Jika mengorbankan nyawa-Nya pun Dia berkenan, dan pada hari ketiga telah bangkit pula menaklukkan maut, maka tidak mungkin kuasa-Nya tidak nyata disaat ada pergumulan yang terjadi di dunia ini, termasuk dalam perkuliahan dan juga proses skripsi ini.

Mari teman-teman.
Jikalau saat ini ada yang sedang mengalami masalah serupa atau masalah lain dalam skripsi dan perkuliahan.
Ambil waktu sejenak untuk berdoa, menyampaikan segala kesusahan hati, kesesakan, pergumulan yang sepertinya tidak ada jalan keluar, kepada Tuhan.
Biarkan Kristus hadir dihidup kita dan Dia menjawab segala permohonan kita.

Mazmur 118:5 Dalam kesesakan aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab aku dengan memberi kelegaan.

Pertolongannya sangat nyata teman-teman saat kita sudah menaikkan doa. Rasakan bagaimana Tuhan menjawab doa kita. Ada damai dalam hati, dan pikiran pun positif untuk memikirkan apa yang mau dikerjakan selanjutnya.

Dan juga jangan lupa backup skripsinya. Apakah itu ke laptop teman, ato ke flashdisk, ato ke dvd. Kita gak tau masalah apa yang terjadi kedepannya.

Akhirnya, mari kita memberikan yang terbaik kepada Tuhan dan orang tua kita ini.
Tetap semangat teman-teman.

NB: Tujuanku buat posting diatas bukan mau menghakimi. Banyak dari hal diatas merupakan suatu perenungan juga dari diriku saat mengerjakan skripsi dulu. Aku juga tidak tamat tepat waktu, tapi Tuhan tetap bekerja hingga akhirnya aku tamat. Sekarang lagi proses mencari kerja, mohon doanya :D Gbu

 





Ibu-Ibu Parkour (Ngaku Suku Batak, Wajib Baca)

15 10 2014

Haloo semua.

Apa kabarnya hari ini?

Kesempatan ini aku mau bercerita tentang sebuah kejadian yang terjadi minggu lalu, antara aku dan adik kelompok PA ku (Kelompok Gioire namanya).

Jadi setelah belajar firman Tuhan bersama, kami pun berbagi kondisi pribadi untuk kami doakan. Akhirnya sampailah giliran salah satu adikku. Dia bercerita tentang bagaimana di gereja dia sedang melatih seorang adik berumur 11 tahun bermain keyboard. Karena masih kecil si adik ini, sering diantar jemput sama ibunya. Sampai disini, suasana berbagi masih kondusif, hingga tibalah adik kelompokku itu mengatakan:

“Aku lumayan kenal sama mamaknya. Mamaknya juga anggota Ina-Ina Parkour di gereja kami”

Sontak ketawa lah kami semua. Keren kali kami pikir, ternyata di gereja ada kelompok ibu-ibu yang parkour. Biasanya anak muda yang parkour, ini malah mamak-mamak. :D

Bagi yang gak tau apa itu parkour (baca : paar-kuur), parkour (Seni gerak) adalah aktivitas yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan badan manusia(id.wikipedia.org).

Aktivitas ini untuk menolong seseorang melintasi rintangan, yang bisa berupa apa saja di sekitar lingkungan dari cabang-cabang pohon dan batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok beton yang bisa dilatih di desa dan di kota. Jadi seringnya kalo parkour ini loncat-locat dari satu gedung ke gedung yang lain, ato dari satu pohon atau batu ke objek yang lain.

Jadi sebenarnya karena agak kurang jelas si adek ini membilangkannya makanya kami salah tangkap maksud. Maksud dia mau bilangkan Ina-ina Par Koor, tapi eh malah jadi kedengaran sama kami Ina-Ina Parkour. Yang gak tau apa itu Ina-Ina Par Koor, ini adalah kelompok ibu-ibu yang sering bernyanyi dalam koor di gereja (dalam bahasa batak Ina = ibu,mamak dan par=kelompok atau bagian). Jadi Ina Ina Par Koor artinya Ibu-ibu yang ikut kelompok koor, bukannya Ibu-ibu kelompok parkour.

Sampai sekarang, kalo dengar kisah ini aku selalu aja geli mengingatnya. Soalnya gak kebayang aku kalo betulan lah itu ibu-ibu parkour, pasti kalo mau ke gereja, udah gak ada lagi yang lewat gerbang masuknya. Yang ada itu, ibu-ibu lompat dari satu atap ke atap yang lain. Gak kebayang, pas mereka lagi nyetop angkot, pas angkotnya udah berhenti bukannya malah masuk ke dalam, tapi manjat ke atap lalu loncat ke angkot yang lain sampe ke tempat tujuan. Atau kalo di pasar, pas belanja. Ibu-ibu sambil lompat salto dari tempat tukang tomat, ke tempat tukang bawang. Keren kali lah kalo betulan ada Ina-ina parkour ini :D

Bayangkanlah ibu-ibu yang koor ini,

koorTiba-tiba malah lompat-lompat seperti ini.

Gak kebayang :D

Ya begitulah ceritaku.
Dalam berbagi kadang disampaikan pergumulan dan kadang berbagi sukacita kayak kejadian ina-ina parkour ini :D.
Yang penting semua permohonan dinaikkan kepada Tuhan dan mari tunggu jawaban doa dari Tuhan. Dan persiapkan hati untuk mengerti apa yang jadi jawaban doa dari Tuhan, karena seringkali yang Tuhan berikan gak seperti yang di pikiran kita. Tapi Tuhan selalu kok memberikan yang terbaik bagi kita kalo kita mau mengasihi Dia dan menerima kasih-Nya.

Kalo ada yang lagi sedih atau suntuk, atau punya masalah sekarang, semoga posting ini bisa menghibur.
Dan jangan lupa berdoa sampaikan semuanya sama Tuhan ya :)

Salam Gioire!
(Bersukacita senantiasa di dalam Tuhan.)

 





Tas Juga Mengandung Banyak Cerita

11 10 2014

tas

 

 

Tas ini yang menemaniku kuliah sejak aku kena penyakit tipus di semester 2

Tas ini yang menemaniku ikut kelompok PA saat harus kembali mengulangnya

Tas ini yang menemaniku yang dengan perasaan takut saat pertama kali melayani di kampus

Tas ini yang menemaniku menunggu angkot saat berangkat dan saat pulang

Tas ini yang menemaniku menjumpai dosen pembimbing

Tas ini yang menemaniku saat berjumpa dengan orang yang aku cinta

 

Tas ini yang menyimpan bukuku saat aku mau kuliah

Tas ini yang menyimpan laptopku saat aku mau belajar laboratorium

Tas ini yang menyimpan tugasku saat harus di kumpul kepada dosen

Tas ini yang menyimpan Alkitab dan bahan PA ku saat aku mau ikut ibadah dan kelompok PA

Tas ini yang menyimpan setiap kadoku kepada orang yang aku cinta

Tas ini yang menyimpan skripsiku dari mulai bimbingan sampai aku sidang

 

Tas ini yang melindungi pakaian yang kubawa saat aku pulang kampung

Tas ini yang melindungi setiap titipan yang kubawa kemana-mana

Tas ini yang melindungi semua arsip penting milikku

Tas ini yang melindungi makanan dan minuman yang kubawa saat aku pergi

Tas ini yang melindungi setiap berkasku saat aku mau melamar pekerjaan

Tas ini yang melindungi kepalaku saat aku berjalan di tengah hujan

 

Kini…

 

Tas ini sudah robek di bagian talinya

Tas ini sudah ditambal di bagian luarnya

Tas ini sudah bolong di bagian punggungnya

Tas ini sudah rusak resletingnya

Tas ini sudah waktunya untuk pensiun

 

Terimakasih Tuhan, untuk tas yang kuat yang bisa kupakai dalam hari-hariku :)





Ratapan Anak Tiri [Kisah Nyata Di Lingkungan Rumahku :(]

6 10 2014

Ternyata memang fenomena ratapan anak tiri, masih ada sama sekarang.

Dulu sih aku nganggap itu terjadi, karena memang zamannya masih begitu. Kalo di zaman sekarang ini, ya gak mungkin lagi terjadi. Eh ternyata terjadi juga.

Nah, kejadiannya ini terjadi di kawasan rumahku di kabanjahe. Jadi ada seorang pasangan muda, yang baru menikah belum genap 1 tahun. Tapi si suami, udah langsung nikah lagi sama perempuan lain, yang dikenalkan sama dia. Jadi si suami itu, poligami pas istrinya lagi hamil.

Sekarang mereka tinggal di satu rumah. Dan yah, namanya di madu kan susah akurnya. Jadi istri pertama dan istri kedua sering gak akur. Yang lebih galak itu, istri pertama. Dia suka KDRT sama istri kedua, sering main fisik. Memang istri pertama lebih tua daripada istri kedua, makanya lebih sering akhirnya istri kedua yang mengalah.

Kadang-kadang kedengaran sampai rumahku suara mereka kalo berantam. Nah yang aku heran, si suami gak pernah dengar suaranya pas mereka berantam. Mungkin dia takut ya, makanya milih diam, menjaga anak-anak yang masih kecil biar gak lihat kekerasan yang terjadi di rumahnya. Kasian anak-anak mereka, masih kecil tapi udah ngerasain perpecahan dirumah :( Suaminya Cuma sering ngomong pas pagi hari aja, siap itu diam-diam aja terus. Gimana sih sebagai kepala rumah tangga?

Nah, kini anak-anaknya sudah remaja. Tapi ternyata kebencian si ibu, nular ke anaknya. Kabar-kabarnya sih, aku tau dari kakakku, anak dari istri pertama suka main fisik juga sama anak dari istri kedua. Padahal dari segi jumlah, lebih banyak anak dari istri kedua, ada 5 orang anak dia, sedangkan anak istri pertama Cuma dia. Tapi sering kali, mereka jadi korban kekerasan oleh anak istri pertama.

Ckckck..

Aku gak nyangka aja, zaman sekarang ini, masih terjadi hal-hal seperti ini. Bukannya ini sudah zaman modern? Heran saya.

Dan lebih mirisnya lagi, mereka itu udah sering di ingatkan oleh kakakku, supaya jangan berantam sampe main fisik segala. Tapi mereka gak mau ngerti dan mendengar. Apa mereka gak ngerti bahasa manusia ya?

Hmm..

Tinggal tunggu waktu aja ini, di bawa ke persidangan. Kalo gak selesai ini dalam waktu dekat, pas desember nanti mungkin mereka bakal di bawa ke persidangan. Gitu kudengar dari kakakku, kira-kira pas natal nanti katanya.

 

Yah begitulah realita dunia ini.

Ayam-ayam sekarang memang masih kurang terpelajar..

Kasian anak tiri ayam itu, kecil-kecil udah kena main fisik.

Meratap lah anak ayam itu semua, ratapan ayam eh anak tiri.

 

(kisah ini betulan kisah nyata. Betulan, serius aku. Ayam-ayam ini adalah ayam peliharaan kakakku, yang dibuat kandangnya disekitar halaman rumah. mereka sering patok-patokan, gak ibunya gak anaknya, sama aja suka main kekerasan, patok-patokan)

Foto keluarganya nyusul ya, soalnya udah malam, gelap kandang di rumah mereka, jadi besok pagi kufoto :D





Bocoran Robot Baru Di Transformers 5

29 09 2014

Haloo..
Kayaknya udah lama juga ya aku gak buat postingan.
Nah kali ini aku mau bahas tentang Transformers. Semua tau kan transformers? Yap itu adalah robot-robot dari luar planet yang katanya kalo di film mau melindungi bumi. Tapi kayaknya Medan gak masuk jadi bagian penjagaan mereka ya, soalnya gak pernah aku jumpa sama mereka. Tapi aku sebenarnya curiga mereka ada di kota medan, dan dugaanku mereka mengambil wujud angkot dan becak kota medan.
Tapi yasudahlah. Aku cuma mau bahas tentang isu karakter baru yang akan hadir di film Transformer 5 nanti. Karakter-karakter ini diyakini memiliki hubungan kekerabatan yang cukup dekat dengan bos Decepticon yaitu Megatron, jika dilihat dari namanya masing-masing. Mau tau siapa aja karakter baru di film ini? cekidot

Poly-tron
Tokoh baru ini, saat datang ke bumi dia mengambil wujud barang-barang elektronik seperti TV, kulkas, tape, AC dan sebagainya. Musuh alaminya adalah Samsung, Panasonic, LG, Sharp dan banyak yang lain. Kekuatan utamanya adalah memberikan pelayanan terbaik untuk kebutuhan sehari-hari manusia di rumah tangga

Sine-tron
Sine-tron adalah tokoh yang sangat fenomenal, karena dia sudah sangat akrab di hati setiap warga bumi, khususnya di Indonesia. Sine-tron sering kali bisa membuat emosi warga menjadi naik, bahkan tak jarang pula robot ini membuat warga terharu dan menitikkan air mata. Kini hampir semua kalangan suka dengan sine-tron, mulai dari anak SD sampe yang tua. Musuh alaminya adalah Acara Berita dan juga Film Kartun. Kekuatan utamanya adalah berubah dalam bermacam wujud. Kadang dia dalam bentuk Ganteng-Ganteng Serigala, kadang pula jadi Catatan Hati Seorang Istri, dan sempat juga jadi Tukang Bubur Naik Haji.

Mega Sine-tron
Tokoh ini adalah abang kandung dari sine-tron. Hanya saja bedanya, mega sine-tron biasanya diisi oleh artis-artis yang sudah terkenal.

Percep-tron
Karakter kali ini adalah karakter yang suka meniru manusia. Dia merupakan salah satu anggota dari Jaringan Saraf Tiruan (JST). JST adalah jaringan saraf yang meniru cara kerja jaringan saraf biologis manusia. Jadi bagaimana otak manusia bekerja, seperti itu pulalah di bekerja. Musuh alaminya adalah Backpropagation, LVQ, Associative Memory, Kohonen dan sebagainya. Kekuatan utamanya adalah mengeluarkan hasil pembelajaran sesuai dengan target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Non-tron
Karakter ini sering bekerja bersama Poly-tron dan Sine-tron. Itu dikarenakan dia sering menontron sine-tron di TV buatan poly-tron. Namun dia tidak hanya suka menontron di TV, tapi juga sering menontron dangdutan di kampanye caleg, menontron sepak bola di tanah lapang di belakang rumahnya. Musuh alaminya adalah belajar dan bekerja. Kalo udah belajar dan bekerja pasti dia gak bisa non-tron lagi. Kekuatan utamanya adalah sanggup menontron selama berjam-jam sambil ngemil di sofa malas.

Ular Pi-tron
Karakter ini adalah robot ular. Tapi dia tidak mempunyai bisa. Dia biasa beraktivitas di tengah hutan sambil memangsa kodok, tikus dan sebagainya. Musuh alaminya adalah pawang ular. Kalo ada pawang ular pasti dia bisa dijinakkan. Kekuatan utamanya adalah kekuatannya dalam memeluk mangsa hingga remuk. Yang lagi galau atau sedih, jangan pernah minta dipeluk sama ular pi-tron, bisa remuk semua tulang nanti dibuatnya.

Mara-thron
Mara-thron sangat suka berlari. Dia tidak akan pernah berhenti berlari, apakah itu berlari mengejar gebetan, berlari mengejar dosen pembimbing, ataupun berlari mengejar maling,. Mara-thron pun sering ikut dalam perlombaan lari yang diadakan baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional, internasional, antar planet sampai sejagad raya. Musuh alaminya adalah jarak, karena makin jauh jarak yang ditempuh, makin berat rasanya dia berlari. Kekuatan utamanya adalah dia mampu mengatur pernafasan dengan baik dan hemat, serta jago mengatur strategi dalam menyimpan tenaga saat berlari.

Bika Am-bron
Kalo karakter yang satu ini, saudara dekat dengan marga tron. Dia bermarga bron. Bika am-bron memiliki paras yang sangat menarik. Tapi menarik untuk dimakan. Jadi dia bisa mengubah diri jadi makanan. Dia sering bepergian kemana-mana karena sering dijadikan warga bumi sebagai oleh-oleh saat bepergian. Musuh alami atau tepatnya pesaingnya adalah bolu meranti dan yang baru-baru ini terkenal brownis amanda. Kekuatan utamanya adalah rasanya yang manis, namun tidak berlebihan, serta kenyal dan empuk sehingga sangat nikmat saat dimakan.

Nah demikianlah karakter baru yang akan beraksi di transformer 5. Dan yang akan menjadi sutradaranya bukan lagi Michael Bay, tapi Jakup Ginting.

NB: Sori no pic ya, soalnya emang betulan HOAX ini :D
Just for fun
Sampai jumpa di postingan selanjutnya :)








Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 370 other followers