Macam-macam Ucapan Penumpang Kalo Mau Turun Dari Angkot

19 12 2014

image

Hahihuheho.
Hello.
Jumpa lagi dengan saya.

Di sini aku mau posting tentang beberapa cara mengatakan berhenti kepada supir angkot, beserta ulasannya. Tapi yang kubahas ini mungkin kebanyakan yang diucapkan didaerah Sumatera Utara, kan aku anak Medan lae. Hahaha. Cekidot.

1. Pinggir bang…
Nah, yang ini ucapan yang paling umum yang disampaikan kalo penumpang mau turun. Mau supir angkotnya masih muda, sampai tua semua dipanggil bang. Kurasa ucapan ini udah dipatenkan kayaknya.

2. Pinggir pak/dek…
Nah, kalo ucapan ini sering disampaikan oleh penumpang yang suka perhatian sama supirnya. Jadi kalo dilihat masih muda supirnya dibilanglah:”pinggir dek”, kalo udah tua dibilang:”pinggir pak”. Jadi kalo mau cari jodoh, carilah lelaki/perempuan yang seperti ini, karena supir angkot aja diperhatikan apalagi kamu. :D

3. Pinggir Lae/Pal/Turang…
Kalo yang begini, orangnya pasti rasa persaudaraannya tinggi. Macam sodara dekat sudah jadinya. Alhasil ongkos pun bisa dikurangi ato malah jadi tak bayar ongkos, karena sudah dianggap sodara sama supirnya. Bisalah sekali-sekali dicoba ini

4. Pinggir Sekali..
Nah kalo yang ini sering diucapkan sama orang Karo. ntah kenapa orang Karo hobi bilang beginian. pinggir sekali.. lalu sekali lagi kapan ya? janganlah di php abang supir angkotnya :D

5. Pinggir… (aja)
Yang bilang pinggir aja, gak pake kata sapaan biasanya orang yang gak suka ribet dan mau cepat-cepat. Saking cepatnya kadang lebih memilih turun dari jendela daripada turun lewat pintu. *eh becanda :D

6. Kiri bang…
Anak jakarta ini. Pasti begitu dalam hatiku kalau ada penumpang yang ngomong gini.
Ato paling gak dari pulau jawalah dia. Ya memang, katanya kalo di jawa kalo mau stop itu bilang kiri. Mungkin maksudnya bilang ke supir biar merapat ke kiri biar bisa turun. Kalo supir gak biasa dengar ucapan ini, bakal dicueki supir kalo ada yang bilang gitu. Barulah sampai penumpang yang lain ikut bantu bilang pinggir, barulah si abang supir ngeh dan akhirnya berhenti.

7. Kanan bang…
Ada kiri ada kanan. Wah apa pulak ini. Ternyata aku baru tau ada juga yang pake ucapan ini kalo mau turun dari angkot. Siapa? Yap mereka adalah bule dari Eropa dan Amerika yang memakai sistem berkendara sebelah kanan. Jadi mereka biasa kalo mau berhenti ya ke sebelah kanan. Nah kalo di angkot di Medan, kalo mereka mau turun pasti mereka bilang “Kanan bang…”, dan akhirnya abang supir memberhentikan angkot di sebelah kanan dan kemudian ditilang polisi karena menurunkan penumpang di jalur berlawanan. Kasian supir-supir ini bah kalo bule penumpangnya. Perkara si bule gak bisa move on dari sistem kanan, abang supir yang kenak getahnya. Dan aku yang makan nangkanya. I like nangka :)

8. TURUN BANG…. TURUUUUN…
Wah, kalo yang ini, inilah yang sering bikin heboh angkot. Biasanya orang yang kayak gini yang jarang naik angkot, ato yang lagi nyari jalan. Karena dia udah takut nyasar dan kelewatan dari tempat tujuannya, maka kata-kata yang terlontar dari mulutnya pun ya ini:”turun bang.. turun..” yang akhirnya disambut abang supir dengan memberhentikan angkot lalu turun keluar karena salah menafsirkan maksud si penumpang yang sebenarnya.
Disangka abang supir dia disuruh turun dari angkotnya sendiri :D

Yak, itulah beberapa ucapan serta ciri orang yang mau turun dari angkot.
Ada termasuk yang sering bilang yang mana?
Ato teman2 dari daerah lain, apa ucapan kalian kalo mau turun?
Yok ditulis di komentar :)





Cara Mudah Membuat Lagu Karo (Singuda-nguda Anak Perana Masuk)

18 12 2014

Halo semua.
Apa kabarnya. Sehat?

Kali ini aku mau bahas tentang lagu Karo.
Teman-teman yang dari suku yang lain yang ada di Indonesia, pasti juga punya lagu daerah masing-masing kan?
Sama!
Kami di suku Karo juga punya lagu yang berbahasa Karo.

Dulunya sih aku tidak suka lagu Karo. Walaupun aku tinggal di Tanah Karo Kabanjahe, dan yang memang setiap stasiun radio disana sudah wajib hukumnya punya siaran khusus lagu Karo, tapi tetap saja aku tak tertarik untuk mendengarnya. Aku merasakan gak gaul kalo dengar lagu Karo. Lebih suka aku dengar lagu pop macam peterpan, nidji, project pop, ada band dll. Kan anak muda gaul. Hahahahaha *THH

Barulah semenjak masuk kuliah, aku mulai mengenal teman-teman dari suku yang berbeda. Dan temanku tersebut suka mendengarkan lagu daerahnya yang disimpan di hapenya. Dan ternyata ada pulak teman-temanku yang dari suku lain, malah suka dengan lagu Karo. Wah jadi malu aku jadinya, karena serasa tak punya identitas jadi orang Karo.

Akhirnya aku pun mulai meminta lagu Karo yang ada di hape kakakku. Pokoknya asal lagu Karo bluetoothkan aja kak kubilang. *dulu kan ngetren bluetooth kalo mau pindahi data. Eh sekarang juga masih ya? Awas virus :D*
Alhasil adalah lagu Karo di hapeku.

Ehh, nah pas udah punya lagu Karo juga tidak langsung aku suka mendengarnya. Kadang diputar dan kadang tidak. Hingga suatu saat kakakku membeli sebuah dvd konser lagu Karo Fitra and friends. Ternyata isinya lagu-lagu Karo yang sudah lama, tapi diremake serta disesuaikan dengan musik zaman sekarang. Wah ternyata enak-enak ya, ada yang dibuat jadi pop, jazz dsb.

Karena dvd itu, aku pun semakin suka dengan lagu Karo. Aku pun mulai memperbanyak lagu Karo di laptopku. Ditambah lagi kalo di medan, banyak supir angkot orang Karo, jadi makin sering kudengar lagu Karo kalo di angkot, dan semakin banyak perbendaharaan lagu Karoku. *gaya kali :D

Dari banyaknya lagu Karo yang sudah kudengar, aku pun mendapati bahwa sebenarnya membuat lagu Karo sekarang ini cukup gampang. Tidak perlu membutuhkan materi yang begitu wow untuk bisa membuat lagu Karo. Ah yang serius? Iya aku serius, coba kita perhatikan beberapa lagu ini:

Teh Susu Telur

Jumpa Plaza

Tugu Monas

Cinta Semifinal

Borobudur

Apa yang kamu dapati dari beberapa lagu diatas?
Judul-judulnya sangat unik kan. Dan dari banyak hal bisa dijadikan lagu. Karena nonton sepakbola, dibuatlah lagu semi final, minum TST di kede kopi dibuatlah lagu Teh Susu Telur, jalan-jalan ke jogja dibuat lagu borobudur, dari jakarta dibuat lagu tugu monas.
Intinya yang kutangkap, apa aja bisa dijadikan materi lagu Karo.

Jadi misalkan ini, aku kan lulusan Ilmu Komputer, jadi bisalah aku buat lagu Karo yang judulnya:
-“Erlajar Nginstall Laptop”
-“Cinta C++”
-“Salah Koding”
Kan gampang kan, bermodalkan pengalaman di ilmu komputer dan bahasa Karo aku dah bisa buat lagu. Tinggal minta bantuan musisi buat liriknya.

Jadi teman-teman dari bidang ilmu lain, juga bisa buat lagu Karonya juga lho.
Misalkan anak ekonomi bisa buat lagu “Manajemen Cinta”, anak kedokteran bisa buat lagu “Sakit Jantung III”, anak MIPA bisa buat “Laboratorium Ate Ngena” dll.
Keren kan? Malah poin plusnya lagi, orang-orang yang mendengar lagu Karo semacam ini bisa bertambah wawasannya. :D

Yah, itulah cara membuat lagu Karo. Simpel dan gampang kan?
Hahahaha.
Postingan diatas hanya buah imajinasiku saja.
Siapa tahu kan, bisa tercipta lagu yang akademis seperti itu :D
Aku melihat memang lagu Karo sekarang simpel-simpel dan apa pun bisa dijadikan materinya. Aku tetap suka lagu Karo.
Tapi alangkah lebih baiknya lagi, jika lagu Karo tetap diperhatikan kualitas bahasa Karonya. Karena sekarang banyak lagu Karo yang sudah dicampur-campur bahasanya dengan bahasa Indonesia dan bahasa Karo. Bahasa Karo yang sangat asli, sudah sangat jarang dipakai dan diketahui kaum muda sekarang ini.

Aku kemaren baru tau, kalau bahasa Karonya gunting itu sebenarnya jampul. Tapi ya karena sudah sering pake bahasa Indonesia, jadinya selalu kita bilang gunting. Makin lama, makin habis lah kata-kata yang asli dalam bahasa Karo. Aku percaya masih banyak kata-kata asli Karo yang tidak aku ketahui. Oleh karena itu harapannya lagu Karo bisa diperkaya dengan kata-kata asli Karo. Biar orang muda kayak aku ini, bisa tetap menjaga keutuhan bahasa Karo dan punya identitas sebagai orang Karo serta bisa mempertahankannya.

Aku tidak tahu bagaimana dengan kondisi lagu daerah teman-teman semua, tapi mari kita lestarikan budaya suku kita.

Mari Lestarikan Budaya Karo.
Aku Bangga Jadi Kalak Karo :)





Bagaimana Anda Mengetahui Bahwa Anda Adalah Seorang Kristen Tulen? (Part 2)

15 12 2014

Bagaimana Anda Mengetahui Bahwa Anda Adalah Seorang Kristen Tulen? (Part 2)

Ditulis oleh: Jonathan Edwards

Disadur dari karya* Jonathan Edwards

Dari pembahasan di edisi yang lalu dapat diambil kesimpulan: pertama, tanda kepastian akan keselamatan tidak bergantung pada seberapa banyak seseorang mengetahui tentang Allah dan Alkitab. Iblis sebagai penghulu malaikat mengetahui sangat banyak tentang Allah, bahkan dapat dikatakan tidak ada yang dapat menandinginya. Di dalam Alkitab, dia dikatakan sebagai bintang terang, bintang pagi, api yang menyala, sosok kesempurnaan dalam kekuatan dan kebijaksanaan (Yes. 14:12; Yeh. 28:12-19). Bahkan setelah kejatuhan pun, Iblis tidak kehilangan kemampuannya. Kehancuran rohani dialaminya saat dia berdosa, tetapi kemampuan alaminya tidaklah hancur. Dia masih tetap pintar, memiliki pengetahuan, bahkan di dalam Alkitab dikatakan sebagai yang “lebih cerdik” dari semua makhluk lainnya (Kej. 3:1; 2Kor. 11:3; Kis. 13:10). Dengan kepintaran yang masih ada padanya, dia menggoda dan mencobai manusia sebagai pengasahan dan pengaplikasian pengetahuannya. Hal ini merupakan fakta bahwa Iblis mempunyai pengetahuan yang aktual dan benar.

Pengetahuan Iblis terbentang dari pengetahuan tentang Allah, dunia yang kelihatan dan tidak kelihatan, mencakup dari sejak penciptaan (Ayb. 38:4-7). Iblis tahu bagaimana Allah menciptakan dunia ini dengan segala keteraturannya. Iblis bahkan juga tahu bagaimana Allah menggenapkan rencana keselamatan-Nya kepada dunia. Iblis pasti sangat memperhatikan dan mempelajari seluruh kehidupan Kristus, Sang Firman yang berinkarnasi, secara mendetail.

Dengan demikian, Iblis mengetahui banyak sekali tentang Allah, pekerjaan Allah, dan dunia ciptaan Allah. Dia juga mempunyai pengetahuan yang sangat hebat tentang Alkitab. Hal ini terlihat dari bagaimana dia dengan beraninya mencobai Sang Firman dengan firman. Iblis juga mengetahui dengan jelas isi hati manusia yang merupakan medan peperangan antara dirinya dengan Sang Pencipta. Iblis juga mempunyai pengalaman beribu-ribu tahun dalam menggoda dan menipu manusia. Dengan dua pengetahuannya – pengetahuan akan Allah yang begitu dalam dan akan isi hati manusia melalui pengalaman beribu-ribu tahun – Iblis mampu menghasilkan agama palsu yang mirip sekali dengan agama sejati dan menjadikan dirinya sebagai malaikat terang (2Kor. 11:14).

Dari pembahasan ini kita melihat bahwa pengetahuan akan Allah dan agama tidak membuktikan bahwa seseorang diselamatkan. Seseorang mungkin saja fasih dalam membicarakan tentang Alkitab, Allah Tritunggal, Dwinatur Kristus, bahkan mempunyai kemampuan berkhotbah yang baik, menjadi majelis gereja, memberitakan jalan keselamatan, dan mengajarkan bagaimana seharusnya seorang Kristen hidup, tetapi semua yang membangun gereja dan memberikan pencerahan kepada dunia ini tetap bukanlah bukti dari kasih karunia keselamatan dari Allah di dalam hati orang tersebut.

Dengan kata lain, persetujuan akan Alkitab bukanlah tanda jelas dari keselamatan. Yakobus 2:19 menyatakan bahwa Iblis percaya kepada kebenaran. Iblis bukanlah seorang bidat dalam konteks ini. Tetapi yang dikatakan di dalam Alkitab tentang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah sebagai bukti dari kasih karunia Allah terhadap keselamatan bukanlah semata-mata persetujuan dengan kebenaran. Titus 1:1 menjelaskannya sebagai “… iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan akan kebenaran seperti yang nampak dalam ibadah kita.”

Berikutnya, ada sebagian orang yang mempunyai pengalaman-pengalaman rohani yang sangat kuat dan berpikir bahwa itulah bukti dari pekerjaan Tuhan (pemilihan Tuhan atas dirinya). Iblis mempunyai pengalaman rohani yang lebih dahsyat. Iblis hidup di dunia rohani dan melihat langsung semua yang terjadi di dalam dunia rohani. Apakah Iblis diselamatkan melaluinya? Tentu saja tidak! Demikian juga manusia di neraka kelak pun akan mengalami pengalaman rohani yang dahsyat yaitu ratapan dan kertak gigi (Mat. 13:42) yang justru adalah bukti bahwa mereka tidak diselamatkan dan bukan diselamatkan. Jadi, seberapa dahsyat pun pengalaman rohani bukanlah tanda jelas bahwa kita diselamatkan.

Iblis paling jelas dalam hal pengalaman yang dahsyat ini. Dia mempunyai kesadaran akan kemuliaan dan kuasa Allah yang melampaui siapapun. Tetapi kesadaran ini (pengalaman rohani ini) tidak menjadikan mereka diselamatkan melainkan membuat mereka gemetar. Roma 9:22 mengatakan, “Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan – ” Jelas, tidak semua yang mengalami kemuliaan dan kuasa Allah akan diselamatkan. Artinya, pengalaman rohani bukanlah tanda kepastian keselamatan dari Tuhan ada pada kita.

 

Disadur oleh

Yenty Rahardjo Apandi

Pemudi GRII Singapura

 

 

* Judul aslinya “True Grace Distinguished from the Experience of Devils”

http://www.buletinpillar.org/artikel/bagaimana-anda-mengetahui-bahwa-anda-adalah-seorang-kristen-tulen-part-2





Kampanye Mencintai Indonesia Dengan Membuang Sampah Pada Tempatnya

11 12 2014

Sampah.

Sampah memang harus dibuang. Karena kalau tidak dibuang, bisa menimbulkan bau tak sedap. Juga sampah seringkali tidak bisa digunakan lagi.

Sampah ada ukuran yang besar ataupun kecil. Ada tempat sampah yang disediakan untuk membuang sampah.

Sampah sering diabaikan orang. Waktu berkendara, buang di tengah jalan.
Waktu jalan kaki, buang di paret.

Sampah sudah menumpuk dan bikin bau dimana-mana. Sampah juga berserakan di tengah dan pinggir jalan. Sampah membuat pemandangan tidak indah.
Sampah menyebabkan banjir karena menyumbat saluran parit.

Banyak yang menggerutu karena bau sampah.
Banyak yang mengeluh karena banjir yang diakibatkan sampah.
Banyak yang mencibir karena jalanan kotor.

Apa yang sudah kita perbuat untuk Indonesia?
Kalo belum ada, buang sampah pada tempatnya pun sudah menjadi bentuk kecintaan kita pada Indonesia.
Kalau ada sampah kecil, gak apa kan disimpan dulu di saku atau di tas, lalu dibuang nanti.
Kalau ada sampah besar ataupun sampah basah yang tidak bisa disimpan dulu, apa salahnya mencari tempat sampah untuk dibuang.
Ayo kita mulai. Gampang kok sebenarnya.





Udon dan Tempura Yang Tertunda

8 12 2014

Halo semuanya.
Kali ini aku bercerita tentang undangan blogger meetup yang aku dapat dari salah satu komunitas blogger, yaitu warung blogger.

Jadi ceritanya, kemaren ada salah satu blogger yang sedang mencari blogger kuliner yang berdomisili di kota medan. Banyak juga yang yang muncul, dan aku baru tau banyak juga blogger medan di komunitas itu :D.
Semua blogger medan itu diminta email untuk dihubungi selanjutnya. Walaupun aku bukan blogger kuliner, ternyata aku tetap diminta email juga. Akhirnya aku pun memberikan alamat emailku.

Keesokan harinya, aku mendapat email dari seseorang. Ternyata email itu dari PR representative Marugame Udon & Tempura. Dan aku diundang untuk menghadiri opening Marugame Udon & Tempura Medan, yang ada di sun plaza.

image

Di email juga diminta identitas pribadi serta konfirmasi bisa menghadiri atau tidak. Saat kulihat acaranya diadakan tgl 8 Desember 2014 dan di jam 10 pagi, aku ternyata tidak ada jadwal disitu. Dan terlebih aku kan belum bekerja, jadi masih bisa melanglangbuana di jam pagi. Apalagi kalau disuruh jadi food tester disini, kan lumayan sekali buat pengangguran kayak aku. *perbaikan gizi istilah anak kost. Juga karena aku belum pernah sekalipun ikut dalam blogger meet up, aku sangat ingin mengikuti acara ini. Akhirnya aku mengonfirmasi bahwa aku bisa hadir dan mengatur jadwalku di hari itu, agar tidak terbentur dengan jadwal yang lain.

Hari yang ditunggu semakin mendekat. Semakin bersemangat hati ini untuk menghadirinya. Namun kenyataan tak sesuai dengan harapan. Ternyata mamakku minta ditemani pulang ke kampungku, Kabanjahe Tanah Karo di hari senin 8 desember 2014 juga jam 10. Karena fisik mamak sudah tidak kuat lagi, oleh karena itu harus ditemani pulang. Apalagi kalau angkot di medan dan menuju kabanjahe itu kencang-kencang macam F1 semua. Jadinya tidak aman bagi orang tua seperti mamak untuk pulang sendiri. Oleh karena itu aku harus menemani.

Yaah, agak kecewa juga sih. Tapi ya tetap mamak harus didahulukan. Tidak jadilah aku makan tempura dan udon. Padahal selama ini aku cuma bisa lihat dan makan tempura dan udon itu di game harvest moon PS1 sama di game Rune Factory 3 di NDS. Tidak jadi juga kumpul dan berkenalan dengan teman-teman blogger dari medan.

Yah, aku percaya kalau memang untuk menghadiri undangan dari Marugame Udon & Tempura hari ini bukan menjadi bagianku, aku tetap percaya Tuhan punya rencana yang baik di balik ini. Aku tidak tahu apa rencana itu, tapi aku percaya Tuhan menjadikan segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan, bagi orang yang percaya pada-Nya. Gak apalah berkorban hari ini. Yang penting mamak bisa ditemani pulang. Ya siapa tahu mamakku nanti mau ngajak aku ke Marugame Udon & Tempura atau malah Marugame Udon & Tempura buka cabang di Kabanjahe lalu aku diundang datang ke openingnya dan jumpa dengan rekan-rekan blogger lainnya :D

So, inilah kisahku, udon dan tempura yang tertunda.
Bagi yang mau jadikan ceritaku ini jadi sinetron atau film juga boleh. Biar bisa saingi serigala dan harimau yang naik pamor di tv sekarang.
Hahahaha

Bagi yang berminat mencicipi seperti apa sih udon dan tempura itu, bisa datang ke restoran Marugame Udon & Tempura di Mall Sun Plaza, L2A-01, Jl. H. Zainul Arifin 107, Medan atau di restorannya di kotamu.
Jangan lupa kasitau aku gimana enaknya tempura dan udonnya ya :D

See you in the next posting.





Konsultasi Masalah Laptop Di Acer Customer Service Center Medan

5 12 2014

image

Hellohai semua.
Jumpa lagi di postingan selanjutnya.
Di postingan ini aku mau bercerita tentang pengalamanku saat berkonsultasi masalah laptopku yang rusak di Acer Customer Service Center di Medan.
Waktu aku mau bawa laptopku ini ke service center, cukup banyaklah keringat yang tercurah. Mulai dari cari-cari info lokasi pasti service centernya, angkot kesana dsb.
Jadi bagi yang punya laptop acer yang sedang rusak, ataupun yang baru beli laptop acer silahkan dibaca kisahku ini, supaya ada persiapan kalo gimana-gimana nanti.
Yok kita cekidot :)

Jadi ceritanya, aku punya laptop Acer 4736G yang aku beli tahun 2009. Laptop itu aku beli siap inagurasi di kampus, jadi itung-itung hadiahlah setelah selesai “bersenang-senang” di inagurasi S-1 Ilmu Komputer USU di sibolangit di bulan november.
Laptop ini begitu setia menemaniku, baik itu dalam ngerjakan tugas, nonton film, main game, internetan, skripsian dsb. Setelah 4 tahun bertugas, akhirnya dia pun mulai menunjukkan tanda-tanda mau pensiun. Selama ini sih gak pernah ada kerusakan yang berarti, kadang mau mati tiba-tiba kalau kepanasan. Tapi setelah dinyalakan kembali bisa lagi. Nah, di tahun ke-5 inilah dinyalakan cuma bertahan sampai logo windows xp, setelah itu mati. Jadinya sama sekali gak bisa digunakan.

Sebenarnya untuk penggunaan sekarang, tidak sebanyak saat aku masih kuliah. Tapi ya tetap aja laptop ini penting, karena kadang mau ngetik lamaran ataupun cari info-info lowongan *pengangguran oh pengangguran*. Jadinya aku pun berniat membawa laptopku ini ke tukang service. Sempat terpikir untuk bawa ke tempat service biasa, tapi akhirnya aku pikir lebih baik dibawa ke service centernya langsung. Kan lebih terjamin dan terpercaya pikirku.

Beberapa hari kemudian aku bawa laptopku ke acer center di plaza medan fair Medan. Aku udah capek bawa tas berat, soalnya rencana abis itu mau pulang ke kampung. Sampai di acer centernya aku bilang sama penjaganya kalau mau perbaiki laptop. Lalu dibilang kakak penjaga itu kalo di situ gak bisa perbaiki laptop, tapi hanya jual laptop acer saja. Katanya kalo mau perbaiki laptop di service center yang di Jl. Bambu II glugur.
Wah akhirnya aku pun pulang ke kampung, tetap membawa laptopku dengan berat.

Sampai dikampung, aku mencari tahu dimana sebenarnya lokasi service center itu. Aku googling dan akhirnya ketemu alamat lengkap acer customer service centernya : ACSC MEDAN Kompleks Graha Niaga
Jl. Bambu II No. A-9 Medan – 20114
Kata kakak penjaga itu di daerah glugur. Tapi masalahnya aku gak tau glugur itu dimana dan angkot kesana apa.

Sepulang kembali ke medan, aku pun mulai bertanya-tanya ke teman-temanku dimana letak jl bambu 2 glugur itu. Banyak juga yang gak tau. Tiba-tiba teringat ada google maps, jadi aku coba masukkan alamat itu di google maps, dan ketemu. Tapi sayangnya di google maps gak dikasitau apa angkotnya kesana. Perlu ditambah fitur angkot ini bang sergey dan bang page di google maps. (Mereka itu pendiri google :D)

Setelah mengumpulkan banyak informasi, akhirnya dapat juga angkot yang bisa mencapai lokasi service center tersebut. Kalau dari padang bulan angkot yang sampai kesana adalah angkot 67.
Aku pun naik angkot 67 kesana. Aku bilang ke abang supir supaya aku diturunkan di simpang glugur. Setelah kulihat-lihat keadaan sekitar, ada angkot 32 juga yang menuju kesana. Tapi aku gak tau angkot 32 ini daerah tujuannya kemana aja, soalnya aku juga baru kali itu juga ngelihat angkot 32. Masih banyak angkot yang gak kutahu di kota medan ini bah.

Sampai disana aku pun turun di simpang glugur. Simpang glugur ini sebelum pajak glugur. Aku pun mencari gedung GRAHA NIAGA tersebut. Kalo dari pajak glugur, belok ke kanan. Aku pun langsung mendapat plang Acer disitu. Aku pun berjalan kaki kesitu.

Masuk ke dalam aku disambut seseorang, yang kupikir adalah satpam, karena dia yang menyambutku dan membukakan pintu. Tapi dia berpakaian seragam acer, bukan seragam security. Tapi gak apalah. Setelah itu aku disuruh antri dan mengisi formulir yang telah disisipi no antrian. Aku dapat no antrian 11, sedangkan yang sedang dilayani itu no.9. Tak lama kemudian, aku pun dipanggil oleh seorang customer service. Dia meminta formulir keluhan yang kuisi dan meminta laptopku.
Cek sana-sini, akhirnya dia menyampaikan kesimpulan dari hasil analisisnya terhadap laptopku.
Mbak CS ini mengatakan kalau di acer service center ini, service laptop dilakukan dalam bentuk penggantian spare part, bukan memperbaiki seperti menyolder atau membersihkan. Dan dia menyampaikan, kalo spare part setiap seri laptop acer hanya disediakan 3 tahun saja dari tahun pembuatan. Jadi laptopku yang keluaran tahun 2009, spare part yang tersedia hanya sampai tahun 2012. Ini dikarenakan laptop dengan seri baru yang terus menerus keluar, oleh karena itu spare part yang tersedia juga dibatasi waktu.

Karena memang spare partnya sudah tidak ada lagi, mbak cs ini menyampaikan beberapa opsi padaku. Opsi yang pertama, dia menyarankan untuk aku tetap memberikan laptopku dicek di service center ini, untuk mengetahui apa sebenarnya kerusakannya. Walaupun sebenarnya spare partnya tidak tersedia lagi, tapi paling tidak bisa tahu apa kerusakan sebenarnya. Opsi kedua adalah laptop ini dibawa ke tempat service laptop biasa bukan official, karena biasanya mereka bisa memperbaiki ataupun punya spare part bekas, mungkin ada yang menjual laptop ke mereka. Aku pun memilih opsi kedua.

Jadi itulah pengalamanku saat membawa laptopku ke service centre. Dari pengalaman ini aku menyimpulkan beberapa kesimpulan dan saran bagi teman-teman yang mungkin mengalami hal yang sama denganku. Berikut kesimpulan sarannya:

1. Bagi yang di medan, kalau mau service laptop, langsung ke yang di jalan bambu 2 saja, soalnya mungkin yang di plaza medan fair itu untuk menjual laptop asli acer saja. Angkot 67 dari padang bulan, pokoknya yang lewat simpang glugur.
2. Di service center ini sistemnya bukan memperbaiki atau menyolder bagian laptop kita yang rusak, tapi dengan mengganti spare part. Oleh karena itu ketersediaan spare part berpengaruh dengan proses servicenya.
2. Kalau memang laptop kita rusak, dan masih dalam kisaran 3 tahun setelah pembelian, bawa saja ke service center ini. Karena walaupun akan diganti spare part, tapi umumnya laptop acer di garansi sampai 3 tahun. Kalau sudah lewat 3 tahun, spare partnya tidak diproduksi lagi.
3. Untuk lebih yakin apa masalah laptop sebenarnya, menurutku tidak masalah kalo di cek terlebih dahulu di service center ini. Lebih terjamin untuk mengetahui sumber masalahnya, karena memang orang-orang yang paham arsitektur laptop acer yang akan memeriksanya. Tapi ini tetap dikenakan biaya sebesar Rp 88.000. Aku tidak memilih opsi ini, karena keuangan terbatas, hehehe

Demikianlah pengalaman serta saran-saranku untuk teman-teman yang punya masalah sama, atau yang mau wanti-wanti terhadap laptopnya. Kiranya berguna.
Gbu :)





Bagaimana Anda Mengetahui Bahwa Anda Adalah Seorang Kristen Tulen?

2 12 2014

Bagaimana Anda Mengetahui Bahwa Anda Adalah Seorang Kristen Tulen?

Ditulis oleh: Jonathan Edwards

Apakah Anda milik Allah? Dari mana Anda tahu hal ini dengan pasti? Mari kita lihat apa yang menjadi pegangan orang-orang pada umumnya yang membuktikan bahwa diri mereka adalah milik Allah dan diterima oleh Allah. Sebagian menganggap diri adalah milik Allah karena mereka tidak seperti orang-orang jahat – mereka tidak membunuh, tidak mencuri, pergi ke gereja pada hari minggu – intinya adalah mereka baik-baik saja di hadapan Allah. Sebagian lagi menganggap bukti penerimaan Allah atas diri mereka adalah karena keluarga mereka sudah menjadi Kristen dari generasi ke generasi; mereka sudah diterima sebagai anggota gereja mainstream (bukan gereja sesat loh) selama bertahun-tahun; mereka sudah menjadi majelis gereja; mereka mengetahui doktrin-doktrin Kristen dan bukan orang Kristen biasa yang hanya seminggu sekali ke gereja. Tentu saja Rasul Yakobus setuju bahwa semua itu baik, termasuk pengetahuan akan doktrin Kristen itu baik, bahkan bukan hanya baik tetapi merupakan suatu keharusan bagi orang Kristen untuk mengetahui apa yang diimaninya. Karena tidak ada seorang pun yang dapat menjadi pengikut Kristus tanpa percaya kepada Allah yang benar – Allah menurut Alkitab – seperti yang tertulis di Ibrani 11:6, “… barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang-orang yang bersungguh mencari Dia.”

Rasul Yakobus mempunyai posisi yang jelas bahwa percaya akan keberadaan Allah yang sejati itu baik, tetapi baginya itu bukan bukti seorang diselamatkan. Maksudnya, jika Anda mengatakan bahwa Anda adalah seorang Kristen dan percaya kepada Allah yang Esa, ini bukan bukti bahwa Anda diselamatkan. Mengapa demikian? Rasul Yakobus mengatakan bahwa setan-setan percaya kepada Allah namun tetap akan dihukum di neraka. Setan percaya akan hal itu –  hal yang sama yang Anda pikir merupakan bukti Anda diterima Allah –  Anda bisa yakin akan hal itu! Lebih lagi, setan-setan bukan saja percaya kepada Allah, mereka juga percaya bahwa Allah adalah Allah yang kudus, Allah yang benar, Allah yang membenci dosa, Allah yang akan melaksanakan penghakiman, dan Allah yang akan menjalankan penghakiman tersebut atas diri mereka. Karena pengetahuan inilah, maka mereka gemetar. Sudah jelas mereka mengenal Allah bahkan jauh lebih solid daripada pengetahuan manusia. Jadi, apakah pengetahuan pengenalan akan Allah menjamin kita masuk sorga? Sama sekali tidak! Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa setan tidak mempunyai pengharapan akan keselamatan. Kepercayaan mereka akan Allah tidak dapat melepaskan mereka dari hukuman kekal di neraka. Dengan demikian kita memahami bahwa bagi setan, percaya kepada Allah bukan merupakan bukti anugerah keselamatan Allah. Hal ini juga berlaku bagi manusia.

Kita akan semakin mengerti jika memikirkan dengan lebih tajam lagi tentang siapakah setan itu. Setan itu tidak kudus, dan apapun yang ia alami bukanlah pengalaman yang kudus. Iblis itu benar-benar jahat: “Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta” (Yoh. 8:44), “Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu” (1Yoh. 3:8), “karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Ef. 6:12)  Dengan demikian setan disebut sebagai roh jahat, roh yang tidak kudus, kekuatan kegelapan, dan sebagainya,

Sudah jelas bagi kita sekarang, bahwa apapun yang berada di dalam pikiran setan –  entah itu pengetahuan atau kepercayaan kepada Allah – tidak mungkin kudus atau menjadi kekudusan sejati. Setan mengetahui banyak hal tentang Allah dan agama, tetapi apa yang mereka ketahui tidak mungkin menjadi pengetahuan yang kudus. Mereka bukan hanya mempunyai pengetahuan, tetapi juga mempunyai emosi yang kuat terhadap Allah, sedemikian kuatnya sampai-sampai mereka “gemetar”. Tetapi ketakutan ini bukan emosi yang kudus karena tidak berhubungan dengan pekerjaan Roh Kudus. Jika hal itu berlaku kepada setan, maka berlaku juga dalam hal emosi manusia kepada Allah.

Perhatikanlah kenyataan ini: bahwa seberapa pun murninya, seberapa pun tulennya dan dashyatnya pemikiran akan pengetahuan Allah dan emosi ketakutan kepada Allah, itu tidak berarti apa-apa. Setan sebagai makhluk roh mempunyai pengetahuan akan Allah yang tidak mungkin bisa diketahui oleh manusia di dunia. Pengetahuan mereka tentang keberadaan Allah jauh lebih nyata daripada pengetahuan manusia mana pun di dunia ini. Mereka memiliki kemurnian pengetahuan ini karena sejak semula mereka sudah berperang dengan kekuatan kebaikan. Suatu ketika sebelum Tuhan Yesus mengusir setan, mereka berteriak kepada-Nya, “… Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?” (Mat. 8:29)

Mari kita pikirkan sekarang, apa yang lebih besar dari pengetahuan setan akan Allah dan emosi mereka terhadap-Nya? Apa yang lebih dashyat dari pengalaman mereka? Namun demikian, seberapa pun dashyatnya pengetahuan dan emosi mereka, mereka tetap tidak kudus. Allah yang kudus, yang menjadi objek kudus dari pemikiran setan tidak membuat pengetahuan dan emosi mereka menjadi kudus. Matius 8:29 menunjukkan bahwa setan mengenal Tuhan Yesus melebihi siapapun. Mereka mengetahui bahwa Tuhan Yesus akan menghakimi mereka suatu hari kelak karena Dia adalah Allah yang kudus. Tetapi sekali lagi, pengetahuan dan emosi setan yang tulen terhadap hal-hal rohani yang kudus, sama sekali bukan bukti anugerah keselamatan Allah bagi setan. Mereka sudah menunggu hukuman kekal di neraka kelak. Jika manusia tidak melebihi apa yang dimiliki setan, maka bagaimana mungkin manusia tidak mengalami hal yang sama dengan setan? Jika demikian halnya, dapatkah kita katakan bahwa pengetahuan dan emosi kita kepada Allah adalah bukti kita diselamatkan? Tidak ada.

 

Disadur oleh

Yenty Rahardjo Apandi

Pemudi GRII Singapura

 

* Judul aslinya “True Grace Distinguished from the Experience of Devils”

http://www.buletinpillar.org/artikel/bagaimana-anda-mengetahui-bahwa-anda-adalah-seorang-kristen-tulen








Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 379 other followers