Angkot Paling Ekstrim Yang Pernah Kunaiki

13 09 2014

Jadi hari ini aku mau ambil ijazah ke stasiun bus sutra.
Ijazah yang kuambil, bukan ijazah kelulusanku di bidang perangkotan ya. Tapi ijazah mamakku, yang dikirim dari kabanjahe ke medan lewat bus sutra.

Nah, aku berangkatlah dari padang bulan menuju stasiun. Aku naik angkot kesana. Nama angkotnya gak perlu di ekspose ya. Waktu aku naik, ada 2 orang cewek dan 1 orang bapak. Awalnya sih suasana masih aman dan tentram, sampai akhirnya angkot yang kunaiki di stop oleh seorang bapak.

Bapak ini, ternyata mau ngantarkan barangnya. Jadi dititipkannya lah barangnya itu di angkot yang kunaiki. Dan ternyata barang yang dititipnya adalah, kawat duri.

20140913_165957 copy

Gak tanggung-tanggung bah, kawat durinya, sampai belasan. Dan itu semua diletakkan di kursi penumpang.
Alhasil jantunganlah kami semua penumpang angkot ini.
Kalo aku, selalu waspada mengantisipasi kalo jatuh tiba-tiba kawatnya ke arah kami. Apalagi jalanan kota medan, gak rata semua. Ya goyang-goyang lah jadinya kawatnya.

Kalo jatuh ke kaki kami misalnya, mana berani kami pegang kawat itu, soalnya durinya kan dari besi, tajam pula. Ya kalo emang betulan jatuh, siap-siaplah jadi mangsa empuk kaki kami :D

Lalu tibalah ada beberapa penumpang yang menyetop angkot ini. Tapi pas mereka melihat, dekat pintunya ada kawat durinya semua, maka tak ada penumpang yang berani naik. Ya iyalah gak ada berani, soalnya uji nyali kalo gini namanya :D

Kayaknya lebih ngerilah angkot kami tadi daripada acara Fear Factor. Apalagi dari acara X-Factor. Ya lebih dahsyatlah teriakan kami kalo kena kawat duri kaki kami :D

Tapi syukur sih tadi, abang supir yang bawa angkot pelan-pelan dibuat laju angkotnya. Jadi gak sempat kejadian.

Nah, ada yang tertarik mencoba pengalaman ekstrim ini?
:D





Kalo Power Rangers Ada Universitas dan Jurusannya

9 09 2014

Kmaren aku nonton film power rangers the movie. Tapi bukan yang versi barat, tapi versi jepangnya. Judulnya: “Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Great Battle”.
Film ini untuk memperingati 35 tahun sudah Power Rangers a.k.a Super Sentai melindungi bumi dari monster jahat (lewat televisi).

Jadi disini fokus ceritanya adalah Power Ranger generasi 34 Goseiger dan Power Ranger generasi 35 Gokaiger. Di masa mereka, datanglah penjahat dari masa lalu yang sangat kuat, sehingga mereka tak sanggup mengalahkan musuh itu. Oleh karena itu, datanglah Power Ranger generasi sebelumnya yang datang membantu mereka mengalahkan musuh tersebut. Jadi ibarat di kampus merekalah alumni ato boleh dibilang abang/kakak seniornya. Dari stambuk 01 sampai stambuk 32 ikut membantu.

Nah, aku penasaran. Sebenarnya mau jadi power rangers ini ada kuliahnya gak ya? Soalnya keren juga kalo ada Jurusan Power Rangers. Kalo udah sarjana dapat gelar S.PR. Kalo ngambil di universitas di jepang mungkin gelarnya S.SS (Sarjana Super Sentai). Kalo lanjut S2 dapat gelar M.PR dan bisa lanjut S3 juga untuk meraih gelar doktor di bidang kepowerrangersan.

Ujian masuknya mungkin lewat SNMPRN (Seleksi Nasional Menjadi Power Ranger Negara). Jadi ada ujian tertulis gitu, tentang kemampuan umum. Tak lupa juga ada ujian praktek, seperti ujian bela diri. Tapi kursi yang disediakan gak banyak. Cuma bisa 5 orang yang bisa lolos ke jurusan ini. Karena emang power rangers cuma ada 5 kan. Kalo gagal dari SNMPRN bisa coba jalur PRJK (Power Rangers Jalur Khusus). Dari jalur ini biasa diterima ada 1 atau 2 mahasiswa. Kalo lulus jalur ini, biasanya kalo tamat dia bakalan jadi power rangers spesial atau pembantu power rangers lainnya, contohnya si power rangers titanium ato power rangers quantum.

Mahasiswa yang lolos masuk, akhirnya pun harus melewati ospek di jurusan ini. Gak jelas sih, apakah ospeknya mereka model hiburan ato model seminar. Model hiburan itu ya kayak, disuruh buat kostum power rangers dari kertas koran, ato disuruh kepang rambut menurut bulan kelahiran. Lalu disuruh bawa berbagai jenis makanan mulai dari tempe bentuk bintang dengan ketebalan 12,345 cm dan disuruh bawa ayam komplit plus susu basi. Ato mungkin model seminar, jadi seminar-seminar aja semua ospeknya. Mulai dari seminar pengenalan kampus, organisasi kampus dan juga kehidupan kampus. Masih belum diketahui. Sekarang masih nunggu surat keputusan dari rektorat. Harap sabar ya panitia.

Nah siap ospek dimulailah proses kuliah. Jadi mahasiswa baru akan belajar bermacam-macam mata kuliah teori juga praktek tentang power rangers, seperti:
-Dasar-dasar Power Rangers
-Power Rangers dan Masyarakat
-Etika Power Rangers
-Teknik Transformasi (berubah dari manusia biasa jadi power rangers)
-Teknik Operasi Megazord
-Wirausaha Power Rangers
-Sejarah Power Rangers
-Database musuh-musuh Power Rangers, dll

Setiap pertengahan semester dan akhir semester juga ada ujian lho. Jadi ada UAS dan UTSnya juga. Nah, kalo nilai jelek, boleh kok ngulang mata kuliah kebawah lagi. Pastikan aja sksnya cukup.

Nah kalo udah siap kuliah 3.5 tahun, mahasiswa harus ngambil mata kuliah skripsi dan tugas akhir. Jadi tetap harus penelitian juga. Contoh-contoh skripsi yang sudah pernah dibuat dijurusan ini seperti:
-Implementasi Botol Aqua Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kostum Power Rangers
-Studi Kasus: Kenapa Zordon Yang Kelihatan Cuma Kepalanya?
-Perancangan Sistem Pemberitahuan Kedatangan Monster Berbasis SMS
-Penelusuran Genetika Sistem Kekerabatan Antara Ultraman dan Power Rangers
-Tinjauan Kriminologis Kegaduhan Yang Diperbuat Monster-Monster di Bumi dsb

Jadi setiap mahasiswa harus mengajukan judul dulu, baru bisa ikut seminar proposal, seminar hasil dan akhirnya sidang. Selama proses pengerjaan skripsi, mahasiswa wajib bimbingan dengan Dosen Pembimbing 1 dan 2. Tapi proses bimbingan agak seram lho disini. Kalo skripsi banyak salahnya, ato datanya gak valid si dosen gak segan-segan menembak skripsi dengan pistol power rangers ato malah memotong dengan pedang cahaya. Ada juga yang sempat, saking emosinya si dosen sampe manggil megazord untuk ngeluarkan laser ke skripsi mahasiswa bersangkutan. Maklum sih, karena beberapa dosen selain memang alumni power rangers tapi ada juga yang mantan monster yang udah bertobat. Jadi sifat evilnya belum hilang sepenuhnya.

Akhirnya setelah selesai sidang, si mahasiswa pun akhirnya diwisuda. Pas wisuda mereka disuruh baca Tri Marga Power Rangers. Setelah itu, mereka pun boleh berpoto di papan bunga yang ada di luar gedung wisuda. Biasa ada banyak yang aksi dana papan bunga disana. Jadi bisa poto di papan bunga yang ada tulisan:”Selamat Atas Wisudanya Jakup Ginting S.PR”. Yah, itung-itung sebagai kenangan ya.

Setelah tamat, biasanya power rangers ada penempatan. Tapi penempatannya bukan hanya ke daerah-daerah tapi juga sampai ke luar angkasa. Kayak Power Rangers In Space, mereka penempatan di luar angkasa kan.

Nah, setelah membaca posting ini, ada yang berminat ato bercita-cita jadi power rangers? Silahkan tunggu pembukaan pendaftarannya di studio Saban ato Toei Animation.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya :D

NB: ini sepenuhnya fiksi dan hasil imajinasi. Jika ada kesamaan kisah, cerita atau tokoh sama sekali tidak dalam unsur kesengajaan :)





Mulutku Dieksplorasi (Karang Gigi Story-Periodonsia)

1 09 2014

Hari ini aku cek gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan di USU. Aku baru tau ternyata pendidikan juga punya gigi dan mulut :D *becanda. Aku datang karena ada juniorku pas di SMA dulu, yang sedang co-as di FKG USU. Co-as itu adalah praktek langsung terhadap pasien. Jadi setiap mahasiswa, yang udah dapat gelar SKG, harus menjalani co-as di berbagai departemen di FKG USU. Dan hari ini aku diperiksa di departemen Periodonsia.

Sebelumnya adek ini, (aku kasih inisial aja ya, manatau dia gak setuju masuk berita blog ini, inisialnya EES) namanya Eva Esterlitna Surbakti, dia lagi co-as di departemen Periodonsia. Di departemen ini khusus menangani gigi yang banyak karang giginya. *kayaknya sih benar :D Nah, karena aku juga banyak karang gigiku, akhirnya aku pun melamar untuk jadi pasiennya, mumpung memang lagi pengangguran sekarang :D Kami janjian ketemu di RSGM USU, jam 9. Aku datang tepat waktu.

Setelah kami bertemu, kami pun segera bergegas menuju ruang praktek departemen Periodonsia. Saat masuk ke dalam, aku melihat ternyata ada banyak dokter di dalam beserta pasien. Ternyata bukan aku aja yang melamar disini. Ternyata ada banyak orang juga yang sedang dilayani. Aku pun disuruh duduk oleh adek ini, di tempat duduk khusus perawatan gigi. Pertama kali lihat, aku kira ini sebenarnya alat simulasi bawa mobil, karena emang bentuk lampunya mirip sama steer mobil. Coba liat aja:

image

Pas kan. Malah lebih mirip steer pesawat star wars aku lihat, karena seperti pegangan dia di sebelah kiri dan kanan. Tapi setelah kuperhatikan banyak perlengkapan di kursi ini, barulah aku yakin kalo ini adalah betulan tempat periksa gigi :D

image image image

Pas aku lihat tombol-tombol di mesin ini ternyata cukup unik. Ada tombol untuk menuang air ke gelas. Mungkin kalo ditekan bisa keluar kopi ato teh ya. Wah asik juga ini.

image

Tibalah waktunya saat gigiku diperiksa. Ternyata kalo awal pemeriksaan, cukup lama prosesnya. Adek ini mulai bertanya tentang biodata pribadiku, riwayat penyakit, setelah itu dia mulai menghitung jumlah gigiku. Setelah dihitung, dia pun mulai mengecek karang gigi dan setiap permasalahan yang terjadi di gigiku. Ada banyak kategori masalah yang mau dicek, dan itu dicek per gigi. Jadi emang luar biasa dokter gigi ini ya. Hapal dia semua kode gigi, dan juga masalah yang ada pada gigiku. 2-4 3-4 4-1 festibula, oral dll  katanya, mngatakan kode gigiku. Tapi kok mirip supir angkot ya, “8-6 5-7 masih muat”. :D Luar biasa, salut untuk dokter gigi. Aku sih disuruh gitu, pasti agak was-was. Soalnya kalo salah diagnosa bisa gawat kan. Harus detail dan lengkap semua diagnosanya. Saking lengkapnya, adek ini tau bahwa ada gigiku yang hilang, padahal aku yang punya gigi aja, lupa gigiku pernah hilang :D

Pemeriksaan oleh mahasiswa co-as biasanya didampingi oleh dokter gigi yang sudah ahli dan merupakan dosen. Jadi kita gak perlu takut kalo periksa kesini, karena bisa dijamin kok keamanannya, walaupun belum dokter gigi langsung yang menangani. Apalagi dokter-dokter disini baik-baik juga. Selalu dibilang samaku” maaf ya bang, permisi ya mas” tapi kadang sedih juga pas dibilang “maaf ya pak” -__-

Akhirnya setelah proses pemeriksaan selesai, gigiku pun dicetak dalam bentuk gips. Jadi katanya untuk melihat kondisi gigi sebelum dan sesudah di rawat nanti. Jadi pas udah selesai perawatan nanti, akan dicetak lagi bentuk giginya. Setelah selesai proses pencetakan gips, kemudian karang gigiku pun mulai dibersihkan (scaling). Agak ngilu sedikit sih, tapi gak terlalu sakit kok. Soalnya kata adek ini, kalo sakit angkat tangan katanya, biar dihentikan. Untung gak sambil lambai-lambai ke kamera ya, nanti macam bukan dunia lain pulak aku :D

Pas proses scaling berlangsung, adek ini bilang kalo gusiku itu udah bengkak, jadi gampang berdarah. Lalu adek ini bilang, kasian kali gusinya bang, bengkak. Jadi aku gak kasian dek, yang punya gusi? Sakitnya tuh disini lho dek *sambil pegang dada :D

Deng ding deng.

Selesailah proses scaling karang gigi tahap pertama. Karena waktu juga udah cukup lama habis, jadi dilanjut besok hari. Tapi sebelum pulang aku mau dipoto dulu katanya. Sebenarnya sih aku mau menolak, jangan dipoto sekarang dulu. Karena emang pakaianku gak rapi-rapi kalo. Jadi rencanaku mau dipoto sambil pake jas gitu, lalu rambut pake minyak rambut. Tapi gak usah kata adek ini, karena yang mau dipoto cuma gigiku aja, jadi gak kelihatan pasti bagian tubuh dan mukaku. Yah, batal lah niatku. Padahal mau poto selfie juga tadi :'(

Pas gigiku mau difoto, aku disuruh buka mulut lebar-lebar. Tapi karena poseku saat buka mulut, gak sesuai dengan keinginan fotografer alias adek ini, jadi si adek ini memperagakan pose membuka mulut yang dimaksudkannya. Jadi dibukanya lebar-lebar mulutnya, dan bilang “kayak gini buat bang..”. Issh, ternyata calon-calon dokter gigi ini jadi teladan semuanya ya bagi pasiennya. Aku pun mengikuti pose yang sudah diperagakan tadi.

Sampailah di akhir acara.

Hasil scaling oleh adek ini pun diperiksa oleh dokter gigi setempat. Setelah diperiksa, aku pun diperbolehkan pulang. Waktu aku mau pulang, ternyata aku lihat ruangan ini sudah sepi. Tapi ternyata masih ada orang. Awalnya, aku pikir mereka itu dokter gigi juga.

image

Ternyata bukan. Mereka adalah dokter elektronik. -__- Jadi mereka lagi memperbaiki tempat perawatan gigi yang sedang rusak. Tapi sungguh mulia pekerjaan mereka, gak kalah penting dengan dokter gigi. Kalo mereka gak perbaiki alat itu, pasti dokter gigi akan kesulitan dalam memeriksa gigi pasien. Tetap semangat bang :)

Yah, demikianlah ceritaku hari ini. Besok mau lanjut lagi proses scalingnya. Ayo, yang punya keluhan pada gigi, boleh datang ke RSGM USU ini. Kita akan dilayani oleh calon dokter gigi yang baik dan sabar. Disini juga kita diajari gimana caranya menggosok gigi yang benar. Biar gak banyak lagi karang gigi di gigi kita, jadi cukup diri kita aja yang rawat gigi kita sendiri :)

Terimakasih dokter gigi :)

Sampai jumpa di postingan selanjutnya :)





Sebuah Puisi Tentang “Giga Byte”

26 08 2014

image

Ukuran..
Itulah maksud dari namamu
Banyak jenis ukuran di dunia ini
Ada meter, ada gram dan lain-lain
Semua punya fungsi yang berbeda
Dan dirimu berfungsi sebagai ukuran data

Giga adalah nama depanmu
Dan kata orang byte adalah nama belakangmu
Namun aku lebih suka menyebut itu margamu
Karena jadinya aku tau bahwa dirimu adalah lelaki
Sebab kalau perempuan maka namamu adalah Giga beru Byte

Ooh, Giga Byte
Namamu sering disebut-sebut
Baik oleh ahli komputer ataupun yang jaga counter
Orang datang silih berganti menanyakan namamu
Dengan penuh tanya mereka bertanya selalu
“Bang yang ini sebulan berapa Giga Byte bang?”

Ada banyak kisah tentangmu
Banyak yang bersedih melihat dirimu
Karena mau copy film, gak muat di flashdisknya
Banyak yang senang melihat dirimu
Karena beli kartu, besar bonus internetannya
Banyak yang jadi kelelawar karena dirimu
Karena paket data besar, untuk  yang dini hari semuanya

Waktu terus berlalu
Sepanjang hidupku aku pun telah mengenal keluargamu
Berjumpa Mega Byte saat aku lihat ukuran lagu
Menyapa Kilo byte saat kutatap kecepatan internetku
Berkenalan dengan Tera Byte saat kupinjam hardisk eksternal temanku
Dan akrab dengan orang tuamu
Saat aku mau sidang untuk skripsiku
Bit

Sampaikan salamku kepada mereka
Yang menemaniku menggenggam sarjana komputerku
:)





Aku Ditolak Tukang Jahit (Sakitnya Tuh Disini)

23 08 2014

Semalam aku mau berangkat ke kampung halamanku di Kabanjahe, Tanah Karo.
Aku mau ikut ibadah di sekolahku dulu, SMA Negeri 1 Kabanjahe bersama adik-adik junior sekarang yang masih sekolah disitu.

Sebelumnya aku dan temanku, udah janjian jumpa di stasiun, biar bareng berangkat naik bus a.k.a angkot ke Kabanjahe. Kami janji jumpa jam 7.

Aku telat 10 menit dari waktu yang udah kami sepakati, tapi ternyata pas aku udah nyampe temanku juga belum ada di stasiun.
Akhirnya aku pun duduk di kursi dan menelepon temanku untuk menanyakan dia sudah dimana.
Saat aku mulai menelepon, aku merasakan dingin di bagian pahaku. Aku heran, knapa bisa dingin. Kalo emang ada hantu, biasa dinginnya di sekujur tubuh, ini kok di paha aja pikirku.
Lalu kuperhatikan pahaku sembari menelepon.
Wah ternyata celanaku di bagian paha robek cukup lebar.

Aih. Aku baru ingat ternyata celanaku ini udah robek dari kemaren-kemaren, tapi belum sempat dijahit. Karena tadi aku ngambil celana dalam posisi terlipat celananya, jadi gak kelihatan robeknya. Aku heran juga sih, kenapa gak dirumah aja sih tadi ketahuannya.

Akhirnya aku pun berpikir, karena kami udah mau berangkat, nanggung kali balik ke rumah, soalnya rumahku dengan stasiun cukup jauh. Aku pun berinisiatif mencari tukang jahit di sekitar stasiun, supaya bisa dijahit sebentar celanaku ini.
Jam masih menunjukkan pukul 7.15.
Aku bertanya kepada ibu-ibu yang lagi ngasi makan anaknya, nanya dimana di dekat sini ada tukang jahit.
Ibu itu pun menunjukkanku arah tempat tukang jahit.
Aku pun berterimakasih, dan segera meluncur ke arah yang ditunjukkannya.

Pucuk ditilam, ulam pun tiba. (Eh pasnya peribahasa ini?)
Aku dapat tempat tukang jahitnya. Tukang jahitnya adalah 2 orang cewek. Dan akhirnya aku masuk, dan mulailah percakapan kami.
Aku (A), Penjahit (P)
A: Permisi..
P: Kenapa bang?
A: Jadi gini. Aku mau pulang ke Kabanjahe, tapi pas nyampe di stasiun aku baru tahu kalo celanaku robek. Bisa gak jahitkan celanaku disini sebentar?
P: Gak bisa bang..
A: Eh, gak bisa ya? Cuma jahitkan sikit aja kok robeknya. Bisa?
P: Gak bisa bang.. Di penjahit sebelah bisa, tapi dia jam 10 baru buka.
A: Oo, iya ya. Jadi cuma 2 sini tukang jahit kak?
P: Ada sih bang. Tapi di daerah Al-Azhar sana. Jauh bang.
A: Oo. Makasih ya kak.

Akhirnya aku pun pulang sambil pegang dada dan bilang:
“Sakitnya tuh disini..
Hari ini aku ditolak tukang jahit..”

Masak jahit sikit aja gak bisa.
Apa emang celanaku ini bukan celana biasa ya? Makanya gak sembarang orang bisa jahit?
Ato karena aku datang kepagian, makanya mereka belum mood mau menjahit.
Ato dipikir aku minta tolong dijahitkan aja, tapi gak kubayar alias gratis?

Akhirnya aku pun memilih pulang kerumah, untuk mengganti celana lagi. Dan temanku pun jadi berangkat duluan.

Baru kali ini di tolak tukang jahit.





Wawancara Dengan Seorang Penggemar Ganteng-Ganteng Serigala (Ntah)

19 08 2014

Tadi pas aku nyampe rumah, aku langsung ke ruang tengah. Lalu aku lihat, ponakanku lagi nonton Ganteng-Ganteng Serigala (GGS).

Awalnya sih aku lewat aja, lalu masuk ke kamar siap itu mandi. Tapi setelah mandi, aku pun mewawancarai sebentar ponakanku yang nonton GGS sambil makan nasi. Berikut hasil penuturannya:

Aku (A), Ponakan (P)
A: Siapa Raja Serigalanya key?
P: Gak tau aku. Gak dinampakkan raja serigalanya. Kemaren pun pas jumpa Raja Vampire, gak ditunjukkan siapa orangnya.
A: Lho, jadi kemaren gimana caranya orang itu jumpa Raja Vampire?
P: Ntah..

(Agak heran, tapi tetap bertanya)
A: Oo. Eh, si cicio itu vampire juga ya? (Cicio nama asli pemerannya, tapi namanya di sinetron itu aku gak tau)
P: Iya. Tapi dia beda keluarga sama tristan. Kalo tristan dari keluarga agra, kalo cicio dari keluarga valen.
A: Oo. Berarti apa marga si Tristan itu?
P: Ntah..
A: Eh. Kok gak tau? Kam emang keluarga apa?
P: Aku keluarga sinuraya (sinuraya itu salah satu marga suku Karo)
A: Nah, karena kam marga sinuraya kan, makanya dibilang keluarga sinuraya. Nah berarti si Tristan marga apa, kalo dia dari keluarga agra?
P: Ntah..

(Narik nafas, sambil mulai cari pertanyaan baru)
A: Si galang itu, suka dia sama cewek kacamata itu?
P: Iya.
A: Oo. Jadi ngapain si cicio sama cewek kacamata itu? Suka juga cicio sama cewek itu?
P: Iya.
A: Berarti suka orang itu duanya sama cewek kacamata itu?
P: Ntah..

(Mulai sedikit terguncang batin ini)
P: Kam kok dari tadi ditanya banyakan ntahnya?
A: … (diam aja sambil makan, dan fokus nonton GGS.)

Haah.

Kesimpulan:
Kesimpulan yang bisa kutarik dari wawancara singkat kami adalah “Ntah”

Ntah emang ponakanku gak hapal ceritanya
Ntah emang ponakanku emang ikhlas gak ikhlas jawab pertanyaanku
Ntah emang ponakanku hanya karena iba melihatku habis mandi langsung wawancara
Ntah emang dia cuma mengigau menjawab pertanyaanku
Ntah emang dia nonton GGS gak fokus ke cerita, cuma fokus ke muka serigala dan vampire
Ntah emang dia bukan penggemar GGS, tapi cuma nonton karena dapat tugas dari sekolahnya

Ntahlah
Aku pun tak mengerti.
Selamat malam semua.

Salam GGS
(Ganteng-Ganteng Sinusinga)





Ada Yang Canggung Nyanyi Lagu Indonesia Raya

17 08 2014

Tadi aku ikut ibadah jam 8 di gereja GBKP Tanjung Sari.
Karena bertepatan HUT Kemerdekaan RI ke-69 jatuh di hari minggu, jadinya ibadah hari ini bertemakan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kupikir ibadah kali ini, ya sama aja kayak ibadah biasa. Paling tema dan khotbah aja nanti yang berkaitan dengan Kemerdekaan Indonesia.
Tapi ternyata tidak.
Diawal ibadah, semua jemaat akan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Wah, gak kebayang aja aku di gereja harus nyanyi Indonesia Raya. Karena kan biasanya lagu rohani yang dinyanyikan.

Dimulailah bernyanyi lagu Indonesia raya, yang dipimpin oleh 1 konduktor dan sekumpulan ibu bapak yang jadi paduan suara. Mereka pakai baju merah dan putih semua.

Saat mulai bernyanyi, aku agak canggung dalam mengeluarkan suara. Yg lain juga begitu. Tapi aku bersyukur, setelah mulai bernyanyi dan merenungkan isi lagu Indonesia Raya, aku jadi semakin semangat menyanyikannya.
Dan merinding juga sih aku menyanyikannya. Bangkit kurasakan rasa nasionalisme di dalam tubuhku, saat menyanyikan lagu ini.

Aku pun akhirnya menyadari, bahwa kemerdekaan adalah suatu hal yang besar. Suatu hal sangat patut kita syukuri. Mungkin kalau kita gak merdeka dulu, kita tidak tahu ntah seperti apa jadinya Indonesia ini. Kita tidak berhak atas milik kita sendiri bahkan untuk hidup pun ditentukan oleh orang lain. Aku bersyukur, ternyata sudah merdeka.

Pas nyanyi lagu ini, aku langsung teringat akan setiap perlombaan olahraga tingkat internasional. Karena setiap yang juara, pasti dinyanyikan lagu kebangsaannya. Ih, bangga kali ya, saat lagu kebangsaan kita didengar dan dihormati oleh seluruh internasional. Jadinya menggebu semangatku untuk membuat Indonesia bangga dan harum di mata dunia. Jadi aku mau berjuang lagi untuk memberikan yang paling baik untuk Indonesia. Apa yang bisa kuperbuat untuk bangsaku dan membuat namanya harum?

Nah sekarang kita sudah merdeka dari penjajahan negara lain. Kalo penjajahan atas dosa, sudahkah kita merdeka? Sudahkah kita memperoleh kebebasan atas dosa, sehingga maut dan neraka bukan bagian kita?
Sudahkan kita terbebas dari perbudakan iblis, yang mencucuk hidung kita dijadikannya budak, untuk melakukan dosa sesukanya?
Jika belum, mari kita terima Yesus Kristus dalam hidup kita, Dialah yang sudah menaklukkan maut, maka setiap dosa kita sudah tidak bisa memperbudak kita. Kita bebas dan merdeka dari dosa, karena Tuhan Yesus. Tinggal bagian kita, mau percaya gak, bahwa Yesus telah mati bagi kita untuk menaklukkan kuasa si Iblis. Dan juga menjadikan Kristus jadi Tuhan dalam hidup kita.

Selamat Hari Kemerdekaan ke-69 Indonesiaku tercinta.
Semoga aku bisa mengharumkan namamu dimanapun aku berada.
Selamat Hari Minggu semua :)








Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 357 other followers