Lagu Yang Jarang Diputar Di Angkot dan Pangsa Pasarnya


selamat pagi semuanya.
apa kabarnya di weekend ini?
pas di angkot, supir tadi putar lagu avenged sevenfold di angkotnya.
wah jarang-jarang aku naik angkot, diputar supir lagu beginian.
dan akhirnya aku terpikir, ternyata emang ada ya beberapa jenis genre musik yang sering kita dengar tapi tidak pernah diputar di angkot.
dan sebenarnya kalo lagu itu diputar, akan semakin memperlaris angkot tersebut, karena bisa menarik minat pasar yang berbeda untuk naik ke angkotnya.
apakah itu? markidot.
mari kita cekidot.
:D

1. Lagu Anime (Jepang)
jarang-jarang dan hampir gak pernah kurasa lagu anime diputar di angkot. mungkin karena kebanyakan supir angkot tidak suka dengan anime dan mungkin tidak punya waktu untuk menonton anime, makanya mereka gak suka putar lagu anime di angkot mereka. dan juga aku yakin paling terkendala karena masalah bahasa. coba kalo lagu bahasa inggris, walaupun gak ngerti tapi mereka sering dengar, jadinya kadang mau diputar. kalo bahasa jepang? pasti sangat-sangat jarang.

target penumpang: Para anime lovers
aku yakin angkot ini akan semakin laris dinaiki oleh orang-orang muda. karena biasanya banyak anak muda yang suka anime. dan jangan heran nanti, kalo lihat angkot isinya luffy, naruto, satria baja hitam, ultraman ya. karena bakal banyak cosplayer juga yang bakal naik angkot ini nantinya :D

2. Lagu K-Pop (Korea)
Ini pun aku gak pernah dengar di putar di angkot. aku yakin pasti semua abang supir tau dengan K-POP ato paling gak yang nyanyi-nyanyi korea gitulah. karena kan sempat booming kan K-Pop di Indonesia, jadinya semua media sosial dan cetak sering memberitakannya. namun ya, aku rasa lagu K-Pop tidak berhasil mencuri hati para abang supir angkot, sehingga mereka tidak tertarik. *tapi kalo lihat wajah penyanyinya mungkin bisa sih mencuri hati abang supir :D

target penumpang: Fans K-Pop
masih akan tetap diburu oleh anak muda, karena memang rata-rata penggemar K-Pop itu muda-muda. jadi nanti jangan heran ya kalo ngeliat angkot terus goyang-goyang kiri kanan sepanjang perjalanan. bukan karena ada yang berantam di dalamnya, tapi karena semua penumpang sedang bernyanyi dan menari ala K-Pop di dalamnya. artis-artis K-Pop yang mau datang ke Indonesia aku rasa juga bisa dijemput dengan angkot jenis ini nantinya. keren kan kalo SuJu, SNSD, dll naik angkot di Indonesia :D

3. Lagu India
abang supir penggemar film india, aku yakin banyak. tapi kalo penggemar lagu india? mungkin tidak. ya aku rasa begitu, soalnya jarang lagu india kudengar diputar di angkot-angkot di kota medan. abang supir mungkin suka dengan aksi pukul-pukulannya, aksi dramanya yang sering meneteskan air mata dan juga tari-tariannya, tapi aku rasa tidak terlalu tertarik dengan lagu-lagunya.

target penumpang: Penggemar Film India
untuk kasus ini, agak sedikit berbeda dengan 2 jenis angkot sebelumnya. karena kalau kalian melihat angkot ini nanti, walaupun angkotnya penuh, tapi akan kelihatan kosong terus.tau kenapa? karena semua penumpangnya lagi main sembunyi-sembunyian ala pemeran film india. kan itu ciri khas film india kalau udah nyanyi dan menari. pasti ujung-ujungnya kejar-kejaran lalu sembunyi-sembunyian di balik pohon.

4. Lagu anak-anak
ya jelas sih kayaknya supir jarang mau putar lagu ini, karena mereka udah dewasa semua. jarang kan kita dengar ada lagu abang tukang bakso, cicak-cicak di dinding, bintang kecil diputar di angkot.

target penumpang: anak-anak
yakinlah makin banyak anak-anak yang semakin sering naik angkot, karena orang tua mereka bakal mewajibkan anaknya untuk naik angkot, karena percaya lagu yang diputar di angkot, cocok dengan usia dan pertumbuhan anaknya, karena sekarang ini anak-anak semuanya sudah bernyanyi lagu yang tak sesuai lagi dengan umurnya.

5. Lagu nasional
maju tak gentar, halo-halo medan, dari sabang sampai merauke. ada yang pernah dengar lagu ini diputar di angkot? tentunya kalau abang supir masang lagu ini di angkotnya, para penumpang bisa semakin bangkit rasa nasionalismenya. gimana enggak, malah bisa pulak nanti upacara bendera tiba-tiba di angkot, karena supir nanti mutar lagu Indonesia Raya di angkotnya.

target penumpang: anak SD-anak SMP-anak SMA-Mahasiswa
aku percaya kalo ada angkot yang rajin mutar lagu nasional, menteri pendidikan bakal buat kurikulum khusus yang mewajibkan setiap pelajar wajib naik angkot 3x seminggu, untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme. karena sudah banyak sekali generasi muda sekarang yang tak mengerti apa artinya cinta tanah air dan bahkan taunya hanya menjelek-jelekkan dan terus menjelekkan tanpa mau berbuat untuk negara ini.

6. Lagu Tanjung Verde, Tajikistan, Liechtenstein, Belize, Nauru
Kalian pernah dengar nama-nama diatas? kalo ini baru pertama kali, gak usah sedih. itu adalah nama-nama negara yang ada di dunia. aku aja pun baru tau ternyata ada negara yang namanya itu. jadi gak heranlah kalo abang supir gak pernah putar lagu-lagu dari negara itu, ya orang nama negaranya aja pun gak pernah didengar, gimana mau putar lagunya :D

target penumpang: backpacker dan petualang
kalo lagu ini diputar, maka backpacker dan para petualang pasti akan tertarik dengan lagu yang baru pertama kali didengarnya, lalu akhirnya berniat untuk berpetualang ke negara tersebut. *meski yang lain maksa, tapi yang ini paling maksa :D

yap, sekian analisaku.
semoga terhibur di weekendnya :D
kembali ini hanyalah buah imajinasiku, tidak bermaksud menyinggung.
semangat buat abang supir angkot di seluruh Indonesia.
Gbu :)

Kartini Dan Avengers: Age of Ultron


image

Selamat hari Kartini.
Selamat hari premier avenger 2.

Pas hari ini tanggal 21 April 2015, dua event ini terjadi.

21 april adalah hari kelahiran pahlawan nasional kita, R.A. Kartini.
Pejuang yang memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.
Karena perjuangannya, akhirnya hari lahirnya dijadikan hari nasional, untuk memperingati bagaimana wanita juga memiliki derajat yang sama dengan pria.

21 april juga adalah hari premier avenger 2 di Indonesia. Bersama 11 negara lain, Indonesia beruntung bisa menjadi negara yang memutar premier Avenger 2 lebih awal.

Aku rasa tidak kebetulan kedua hal ini ada dalam waktu bersamaan, karena keduanya punya beberapa persamaan.
Apakah itu?
Yok kita cekidot.

Avenger 2 : Age of Ultron,
R.A. Kartini : Age of Emancipation

Jadi kedua hal ini sama-sama memperjuangkan sesuatu.
Avenger memperjuangkan kelangsungan eksistensi manusia yang terancam dengan kehadiran Ultron. Tetap sama-sama memperjuangkan, tapi hal yang diperjuangkan oleh ibu Kartini adalah bagaimana wanita dipandang sama dengan pria, tidak selalu dianggap sebagai kaum yang lemah dan sering dipandang sebelah mata.

Black Widow: Agen Rahasia Yang Tangguh,
R.A. Kartini: Intelektual Yang Tangguh

Di seri avenger , tampak 1 tokoh wanita yang punya banyak andil dalam perjalanan avenger. Dialah Black Widow. Agen rahasia yang memiliki nama asli Natasha Romanoff ini, memiliki segudang kemampuan yang tak bisa diremehkan. Dia adalah mata-mata dengan kemampuan interogasi level tinggi, bertarung tangan kosong (dengan bantuan sedikit gadget2), stealth dan banyak lagi. Begal pun segan kalo jumpa sama dia di tengah jalan. Malah begal yang ngasi barangnya sama dia :D
Walau mungkin ibu Kartini bukan petarung dan mata-mata, tapi dia adalah seorang wanita dengan intelektual tinggi. Banyaknya buku yang dibaca dan dipahaminya, membuat pola pikirnya berevolusi sehingga akhirnya di tengah zaman yang memandang wanita sebelah mata, ia tetap berdiri teguh memperjuangkan prinsipnya. Ucapan dan pandangan di masa itu tak cukup kuat untuk menahannya berdiam diri saja. Ketangguhannya yang akhirnya menginspirasi banyak wanita, hingga terbentuklah Yayasan Kartini di tahun 1912 dan dibangunlah 1 sekolah wanita di masa itu.

Avenger 2 dan R.A. Kartini : Disukai pria dan wanita
Waktu avenger 1 ditayangkan di bioskop, aku terkejut juga melihat banyak wanita yang suka film ini. Karena memang komik superhero lebih banyak disukai kaum adam. Tapi mungkin karena avenger adalah proyek jangka panjang yang sudah ditata sedemikian rupa, mulai dari film hulk, ironman, captain america dan thor, yang sebelumnya berdiri sendiri, hingga akhirnya digabungkan dalam 1 film, bisa saja membuat kaum wanita pun tertarik untuk menontonnya. Ditambah dengan ide cerita yang cukup gampang dicerna plus visual efek yang sangat keren, membuat film avenger 2 pun aku rasa bakal dinanti-nanti tidak hanya kaum pria saja tapi juga wanita.
Kalo berbicara tentang bu Kartini, tentu kita semua sepakat untuk menjadikannya sebagai seorang sosok inspirasi. Setiap lelaki dapat mengambil teladan dari ibu Kartini, dalam hal berani ambil sikap di tengah zaman yang tidak bersahabat. Istilah zaman sekarang melawan arus. Berapa banyak sekarang, lelaki yang adalah pemimpin berani mengambil sikap melawan arus kemerosotan yang semakin deras mengalir. Sekarang ini berlaku benar malah dicemooh. Jadinya enggan untuk melakukan hal yang benar, karena merasa tidak mau menjadi berbeda. Tentunya sikap dan prinsip kokoh yang ditunjukkan oleh bu Kartini, mengevaluasi kita (terutama saya) untuk bisa memiliki prinsip dalam hidup (prinsip yang benar) dan dapat memperjuangkannya.

Itulah beberapa hal yang ada dalam pikiranku.
Sebenarnya udah pengen kali nonton avenger 2 ini, tapi cemanalah tak sempat-sempat.
Karena tak sempat-sempat, nulis blog lah aku jadinya.

Selamat hari Kartini, untuk seluruh wanita di Indonesia.
:)

(Posting ini sebenarnya kubuat di 21 april kemarin, tapi telat posting karena tak sempat-sempat. Cemanalah :D )

Setiap Orang Punya Mjolnir-nya Sendiri


Tahukah kamu apa itu mjolnir?
Bagi penggemar komik Marvel, terkhusus karakter Thor, pasti tau apa itu mjolnir.

image

Sumber gambar:
http://leettle1.deviantart.com/art/Thor-s-hammer-Mjolnir-326582182

Mjolnir ada palu milik Thor. Palu ini bukan sembarang palu, karena tidak semua orang dapat mengangkat dan menggunakannya. Hanya orang tertentu yang bisa menggunakannya. Dan itulah Thor.
Di film Avenger 2: Age of Ultron yang akan tayang akhir april nanti, akan kembali ada tokoh thor dan juga palu mjolnirnya.

Nah, di judul posting aku cerita setiap orang punya mjolnir masing-masing?
Apa iya?
Ato maksudnya setiap orang punya martil di rumah dan itu yang kumaksud mjolnir?
Oo bukan.
Aku bukan memaksudkan ke bentuk mjolnirnya, tapi lebih ke bagaimana mjolnir hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu.
Aku juga punya mjolnir sendiri. Mau tau? Ini dia

image

Lho, kok mouse?
Apa mousenya merk mjolnir?
Hahaha
Bukan.
Jadi mouse ini sudah berumur 6 tahun dan sudah banyak rusaknya, terutama dengan roda scroll di tengahnya.
Dan juga pergerakan mouse ini sudah tidak lihai lagi, sering tersendat-sendat.
Baca kisahku menggunakan mouse ini disini:
https://jakupsinusinga.wordpress.com/2013/12/30/sesuatu-itu-adalah-photoshop-ing-pake-mouse-yang-rusak-skripsi-again/
Jadinya orang yang tidak biasa memakainya, akan merasa kesulitan dan memilih mengganti dengan mouse yang bagus.
Nah disinilah poin mouse ini menjadi mjolnir.

Tidak semua orang bisa gunakan mouse ini.
Cuma aku yang bisa, karena aku terbiasa.
Mungkin kalo ahli pedang di film-film bilang pedang punya tuan, mungkin untuk kasus ini akulah tuan mouse ini.
Jadinya dia tunduk sama tanganku :D
I am the lord of the mouse
*janggal kali kayaknya :D

So itulah mjolnirku.
Kalian semua juga pasti punya benda, yang cuma kalian sendiri yang bisa nyaman menggunakannya.
Mau berbagi? Sampaikan di komentar yoo.
Demikianlah imajinasiku di hari ini.
Semoga menghibur anda semua.
See yaaa

Asal Kata “Merepet”


image

Holaaa, semuanya.
Apakah ada yang masih mantau blog ini :D

Udah cukup lama gak posting aku. Sebenarnya ide sudah banyak numpuk di kepala, tapi namanya nulis gak selalu bisa ditumpahkan apa isi kepala :D

Kali ini aku mau bahas tentang merepet.
Pasti taulah semua ya.
Aku rasa sering dipraktekkan pun ini. Baik sebagai tersangka ataupun korban.
Bisa direpeti mamak, direpeti kakak, direpeti pacar, direpeti dosen/guru.
Ato juga bisa merepeti adik, merepeti teman, ato merepeti tetangga.
Wow, ada banyak praktiknua ya. Tapi tau gak asalnya darimana?

Setelah aku pikir-pikir melalui pendekatan secara huruf *asiiik :D, aku mendapati bahwa sebenarnya kata “repet” itu hampir mirip dengan kata “repeat” yang berasal dari bahasa inggris.
Tak hanya mirip di huruf saja, dari segi arti juga punya kemiripan.
Repeat dalam bahasa inggris artinya mengulang.
Sama seperti repet dalam kata merepet, itu juga berarti berulang-ulang.
Iya kan? Kan kalo kita dengar orang merepet sama kita, pasti selalu diulang-ulangi topik yang membuat kita direpeti.
Ibarat kita direpeti karena masalah skripsi. Pasti kata skripsi diulang berkali-kali, padahal kita udah tau intinya.
Jadi bolehlah kita bilang merepet itu artinya adalah merepeat sebuah kata berulang-ulang.
Jadi misalnya kalo orang merepet, tapi gak merepeat kata-katanya, itu bukan merepet namanya. Repeti balik orang itu karena dia gak merepet dengan benar dan berikan contoh merepeti yang baik, supaya dia tahu. *bah kok jadi direpeti balek ini ya? :D

Ya begitulah, kira-kira. Mungkin saja ya merepet itu memang berasal dari kata repeat. Bolehlah dipanggil namanya repet bin repeat :D

Sekian dulu postinganku kali ini.
Itu hanya imajinasi belaka ya, jangan serius kali nanggapinya :D
See ya :)

Mau Tahu Dampak Bila Tidak Menjaga Lingkungan? Tonton Film The Lorax


Kemarin aku menonton film the lorax.
Film berkisah tentang sebuah kota bernama ThneedVille, yang sama sekali tidak memiliki pohon asli dan udara segar.
Pohon dibuat di pabrik, dan udara segar menjadi barang dagangan di kota ini.
Mengapa ini terjadi?

Dikisahkan bahwa dulunya ada banyak pohon di sekitar kota ini. Namun seorang bernama Onceler berniat menebang pohon yang ada disitu untuk membuat sebuah kain multifungsi bernama thneed. Awalnya dia hanya menebang satu pohon saja untuk membuat 1 buah kain. Disaat dia menebang pohon tersebut, muncullah penjaga hutan bernama Lorax. Lorax mengingatkannya, bahwa jika once-ler terus menebang pohon yang ada disitu, maka akan mengganggu kehidupan hewan-hewan yang ada di hutan itu.

Awalnya once-ler tersadar, dan akhirnya memutuskan untuk tidak menebang pohon, tapi hanya memanen daun pohon sewajarnya saja. Namun karena tuntutan dari keluarganya, akhirnya ia pun kembali berniat menebang pohon yang ada disitu, untuk memudahkan mengambil semua daun. Dan akhirnya, seluruh pohon pun habis ditebang. Semua hewan pun perfi dari tempat itu. Tak hanya mengganggu hewan, ternyata penebangan pohon itu pun berdampak pada kurangnya udara segar karena tidak ada lagi pepohonan.

——————————————-

Mengapa aku menyarankan film ini bagi yang tidak peduli dengan pohon?
Karena film ini memberi penjelasan yang detail apa yang akan terjadi jika kita tidak melestarikan pohon yang ada. Bila selalu terjadi penebangan pohon secara liar dalam jumlah massif, apa yang terjadi? Berikut beberapa hal yang film ini jelaskan.
1. Hewan akan kehilangan habitat dan akan berpengaruh terhadap proses rantai makanan yang turut mengancam kelangsungan hidup manusia
2. Produksi udara segar langka, karena tingkat polusi begitu tinggi sedangkan pohon yang memproduksi oksigen tidak ada. Akan tiba saat dimana udara segar menjadi barang dagangan (kabarnya 1 tabung oksigen sekarang, yang dipergunakan di rumah sakit harganya Rp 60.000)
3. Orang-orang di kota yang serba canggih dan maju, merasa semua baik-baik saja, padahal di tempat yang begitu banyak pohon sudah gundul. Ini berarti, orang-orang merasa semua baik-baik saja dan tidak peduli dengan kondisi pohon yang semakin sedikit.

Agar lebih jelas, aku menyarankan kalian menonton film ini. Ini adalah film animasi, dan mungkin hanya animasi biasa. Tapi bagiku, film ini jelas menggambarkan apa yang akan terjadi jika pohon terus ditebang akibat kita manusia, tidak bisa mengendalikan keinginan pribadi kita yang seringkali fana.
Jangan sampai tiba saatnya dimana uang tidak bisa berubah jadi oksigen (analogi dari pepatah Indian)

Sebuah Apresiasi Untuk Para Pengantar


Para pengantar?
Siapa mereka?

Beberapa hari lalu, aku diantar pulang oleh rekan satu tim di paskah alumni dan mahasiswa.
Ini bukan pengalaman pertama aku diantar.
Aku yang pecinta angkot ini memang sering kehabisan angkot kalo sudah malam, jadinya harus minta tolong diantar pulang. Kebanyakan ngantar pake kereta a.k.a sepeda motor *di medan sebutan sepeda motor itu kereta :D
Dari sekian ratus x aku diantar ke rumah, akhirnya di saat itulah aku tiba pada satu pertanyaan.

“Apa yang dirasakan yang mengantar ini setelah dia pulang sendiri?”

Aku mulai berpikir. Selama diperjalanan aku yang dibonceng sering bercerita dengan yang mengantar. Walau malam sudah larut, tapi kalau bercerita pasti tak terasa. Tapi kalau tak ada teman bercerita, apa yang terjadi?

Aku sebagai yang diantar sudah bisa menikmati makanan dan minuman sambil nonton ataupun berbicara dengan keluarga?
Tapi bagaimana dengan si pengantar?
Dia masih harus kembali ke tempat tujuannya, sendiri. Hanya berpikir sendiri, menanti di lampu merah sambil berdiam diri. Berusaha untuk mengingat kembali jalan pulang, karena memang masih asing dirasakan. Bukan tak lelah membawa kereta, setidaknya begitulah penuturan kawanku di kuliah dulu.

Bahkan di kondisi yang sekarang begal lagi marak-maraknya dan dulu geng motor, pasti ada perasaan was-was di dalam hati.

Biasa kalo aku diantar, hanya mengucap terima kasih. Tak membayar, karena nanti macam ojek pulak jadinya. Jadi mungkin inilah yang bisa kukasi dulu ya.

“Sebuah apresiasi”

Setelah pertanyaan ini muncul, dan akhirnya berpikir seperti penuturan diatas, aku tahu bahwa aku harus mengucap syukur kepada Tuhan, bahwa ada orang yang masih mau seperti ini. Sudah lelah badan terasa, siap ngantar putar balik lagi menuju ke rumah/kosan, dan itu sendiri.
Sesungguhnya aku percaya orang-orang seperti ini pasti Tuhan sudah siapkan kado-kado atas setiap pengorbanan yang dikerjakan.
Itu yang aku pikirkan. Tuhan punya rencana yang baik untuk orang-orang ini.
Memang bisa saja malas melanda, tapi mereka memilih bersedia.

Inilah yang bisa kuberikan, sebuah apresiasi.
Tak ada maksud membuat post ini agar:”makin sering aku diantar pulang nanti, karena udah kuapresiasi dan kupuji”
Hahaha
Aku selalu mengusahakan lebih memilih angkot, karena angkot punya banyak cerita.
Jadi kalo udah gak realistis lagi dapat angkot, barulah cari bala bantuan :D

So, mungkin kalian masih akan punya “quests” atau petualangan-petualangan lagi dalam mengantar orang ke depannya.
Tapi biarlah kalian terus bersemangat.
Karena percayalah selalu ada orang yang bersyukur untuk kalian, dan Tuhan senang disaat kalian menjadi berkat bagi sesama.

Bagi yang sering diantar pulang, mari tetap ingat menyampaikan terima kasih kepada para pengantar.

See ya :)

sumber gambar: https://achmadsyaroni.files.wordpress.com/2013/01/mbahe-rossi.jpg

Mengapa Harus Berobat Ke Penang? (Pengalaman Di Penang Part 3)


Mengapa banyak orang berobat ke Penang?
Jauh-jauh ke Malaysia untuk check-up saja?
Mau cek darah harus ke Penang.
Mau ngobati pilek, berobat ke dokter THT di Penang
Mau periksa kulit, harus ke dokter kulit di Penang
Mau cantik, harus ke dokter kecantikan di Penang
Mau ganteng, harus ke dokter kegantengan di Penang *ehh, ini gak ada ya :D
Inilah yang terlintas di pikiranku saat aku berada disana.

Ribuan dokter lulus di Indonesia tiap tahunnya, baik spesialis dan umum.
Bukankah sangat sulit untuk masuk di fakultas kedokteran, sehingga orang yang bisa masuk pun pasti memiliki kecerdasan yang baik?
Tapi mengapa ya orang lebih memilih berobat ke Penang saja?
Apakah dokter-dokter kita tidak sanggup memberikan diagnosis tepat yang berujung pada kesembuhan?

Orang yang memiliki kondisi keuangan yang minim pun, kalau diberi sumbangan aku rasa akan lebih memilih memesan tiket pesawat untuk berangkat ke Penang berobat.
Apa yang terjadi dengan rumah sakit di Indonesia?
Kita bayar fasilitas rumah sakit, masuk ke devisa negara Malaysia.
Kita bayar ongkos pesawat dan taksi/bus disana, masuk ke devisa negara Malaysia.
Kita beli makanan di sana, masuk ke devisa negara Malaysia.
Kita niatnya berobat, tapi mau sekalian wisata juga, masuk ke devisa Negara Malaysia
Jadi kapan kita nambah devisa Negara Indonesia?
Ah, ngapain nambah devisa Negara Indonesia, toh di korupsikan juga. *mungkin seperti ini anggapan kita
Nambah devisa ke Negara Malaysia gak apa-apalah , yang penting pulangnya sembuh.

Apa kesembuhan jadi barang yang langka di Indonesia?
Ato sebenarnya tidak. Kesembuhan tetap bisa di Indonesia.
Jadi dimana sebenarnya masalahnya ya?

Yang mau ngasi tanggapan silahkan tinggalkan komentar.
Yok brainstorming.

yang mau lihat pembahasan tentang dokter di penang juga, bisa lihat postku sebelumnya:
https://jakupsinusinga.wordpress.com/2015/03/03/dokter-dan-sistem-pendukung-keputusan-pengalaman-di-penang-part-2/

sumber gambar: naked-traveler.com