Tips sederhana mengetahui alamat link yang jahat di facebook/twitter (spam,malware,spyware,virus,pencurian data pribadi)


Aloha kawan2..
Sudah sebulan saya tidak mengisi blog ini,jadi ide yang saya punya pun sudah mengantri untuk dituangkan disini.

Begini,beberapa hari ini mungkin qta pernah melihat bahwa teman2 qta mengupdate statusnya atau muncul di chatbox kita kata2 seperti ini:
-Habis mampir dari hp://goo.**/**4vc Keren bgt deh pokoknya…wkwkwkwk
-Wow, MISTERI 1618 TERUNGKAP silakan baca klik tp://b**gberiman.blogspot.com/201blabla
-Klik disini untuk mengetahui porfil Ibu Hj. Nini Riswa : http://ww.bloggr.cas/profile/081265421674
-(dan ini yg parah) ini foto aq waktu ML ht/tinyurlafafasfgw
-dll.
nb:alamat link diatas sudah diacak2

atau mungkin kita sendiri yang mengalaminya??
yah,sebenarnya ada sebagian dari alamat link diatas yang hanya sekedar lucu-lucuan saja,yang bisa menakut2i kita dengan gambar seram yang dimunculkan kalo kita buka link tsb. Tapi ternyata tidak semua link di atas hanya utk lucu2an. Ada oknum2 yang memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan hal yang buruk,ya seperti menyisipkan dan menyebar virus atau malware yang bisa merusak kompi/lappi kita, dan bahkan yang lebih parah bisa dilakukan untuk pencurian data & informasi yang kita miliki. Syukur2 kalo cuma data pribadi utk fb/twitter yang diambil, gimana kalo yang diambil itu data pribadi (pin dan password) dari kartu kredit kita atau akun pribadi kita disitus pembayaran online seperti paypal?? Bukan tak ngeri..
Jadi disini saya akan membagi sebuah tips yang sederhana yang saya pakai untuk mengetahui link itu baik atau jahat. Tapi sebelumnya mari kita lihat faktanya berikut ini. Check this out!!

FAKTANYA:
Pada umumnya kata2 yang dipakai bersama link berbahaya itu tidak bervariasi (kata-katanya itu-itu saja),karena mungkin kata2 itu memang dibuat oleh manusia,tetapi disebarkan oleh suatu software (saya juga gak tahu apa namanya,kerjaan hackerlah itu) ke berbagai tempat, sehingga kata-kata yang disebarkan formatnya akan sama saja.
Contoh: Saya ingin menyebarkan link berbahaya ke publik. Sebelumnya saya telah merancang sebuah link utk menyebarkan program jahat beserta kata2 pelengkapnya. Misalnya:”wah,videonya keren banget. lihat aja di http://awasjebakan.ya.guys.”
Sekarang saya akan mulai mengirim pesan berbahaya ini misalnya ke 10 tempat berbeda. Nah logikanya, pesan yang saya kirim ke 10 tempat ini pasti sama isinya kan??

Nah dari fakta dan contoh diatas,maka saya bisa menyimpulkan beberapa tips untuk mengetahui link jahat tsb dan mencegahnya masuk ke kompi/lappie qta. Ayo kita simak!!

TIPS:

1.Kita bisa mencopy alamat link tsb ke search engine seperti google ataupun menu search di facebook atau twitter. Nah setelah keluar hasil pencariannya kita bisa melihat berbagai situs yang memuat alamat link itu. Dengan membaca secara sekilas saja tanpa harus membuka satu-satu situs di google itu kita bisa melihat bahwa kata-kata yang dipakai itu sama. coba saja masukkan link ini: http://g*oo*.gl/ds4vc (tanpa *)  di menu pencarian google atau jejaring sosial anda,maka akan keluar beberapa link yg memuat  kata2 yang sama yaitu “Hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://g*oo*.gl/ds4vc KEREN bgt swearr.. buruan…mampir”.

Sebenarnya dengan melihat bahwa ada banyak situs yang memuat link tsb saja,kita tidak bisa langsung menyimpulkan bahwa itu adalah link berbahaya. Karena bisa saja itu bukanlah link jahat, tapi  link utk promosi suatu event,ataupun link untuk mempromosikan barang atau situs,yang memang biasanya dipublish ke berbagai tempat. Tapi tidak ada salahnya kalau kita mulai berwaspada bila sudah melihat hal seperti ini.

2.Bila kita masih ragu tentang link tsb, maka kita bisa melakukan posting di forum yang kita percaya,dan menanyakan apakah ada yang pernah membuka link tersebut. Akan ada banyak orang yang mungkin sudah mengetahui isi link tersebut atau pernah mengalami hal serupa dengan anda terkait link tsb,dan mereka bisa memberitahu anda. Jangan malu-malu bertanya,karena itu untuk kebaikan kita juga. Dan mungkin saja anda akan diberitahu tips yang lebih mujarab lagi daripada tips yang saya berikan ini.🙂

3.Cara yang ketiga ini cukup gampang dilakukan. Bila link yang anda dapatkan sudah berbau pornografi,dan dari sumber tak jelas pulak,maka berhati-hatilah. Kemungkinan link itu akan memberikan sengsara di atas nikmat😀 . Saya juga hampir kena kmaren,tapi syukurlah gak jadi. hahahahaha  😀 (intermezzo)

MASALAH:

Bagaimana kalau setelah kita melakukan search link tersebut ke search engine atau menu search jejaring sosial,dan tidak mengeluarkan hasil sama sekali?? apakah itu berarti link itu tidak berbahaya??

ohh,belum tentu. Mungkin saja anda lah yang pertama mendapat link itu,dan kemungkinan belum terlalu menyebar luas,jadinya mesin pencari belum bisa mendapatkan alamat link serupa dipublish di situs2 lainnya.  Tetaplah berwaspada. Atau bila anda mendapatkkannya dari orang yang anda percaya,jangan langsung membuka link tsb, tapi ada baiknya ditanyakan dulu apa maksud dari link tsb kepada si pengirim. Tanyakan apakah dia memang mengirimkan link tsb atau tidak.. Bila dia mengatakan iya,maka tanyakan juga apa isi link tsb.

Yah akhirnya,saya mengucapkan terimakasih kepada yang mau membaca post saya ini. Mungkin kesannya terlambat/basi ya, karena baru memposting tips ini disaat semua orang sudah tau bahwa link yang beredar beberapa hari ini adalah link yang berbahaya. Tapi siapa yang tahu kalau mungkin 10 orang setelah anda baru mengetahui masalah link berbahaya ini,jadinya mereka bisa mengantisipasinya..

sampai jumpa di postingan selanjutnya..

bujur man banta kerina..🙂

Gbnlu..

2 thoughts on “Tips sederhana mengetahui alamat link yang jahat di facebook/twitter (spam,malware,spyware,virus,pencurian data pribadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s