Kalo Power Rangers Ada Universitas dan Jurusannya


Kmaren aku nonton film power rangers the movie. Tapi bukan yang versi barat, tapi versi jepangnya. Judulnya: “Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Great Battle”.
Film ini untuk memperingati 35 tahun sudah Power Rangers a.k.a Super Sentai melindungi bumi dari monster jahat (lewat televisi).

Jadi disini fokus ceritanya adalah Power Ranger generasi 34 Goseiger dan Power Ranger generasi 35 Gokaiger. Di masa mereka, datanglah penjahat dari masa lalu yang sangat kuat, sehingga mereka tak sanggup mengalahkan musuh itu. Oleh karena itu, datanglah Power Ranger generasi sebelumnya yang datang membantu mereka mengalahkan musuh tersebut. Jadi ibarat di kampus merekalah alumni ato boleh dibilang abang/kakak seniornya. Dari stambuk 01 sampai stambuk 32 ikut membantu.

Nah, aku penasaran. Sebenarnya mau jadi power rangers ini ada kuliahnya gak ya? Soalnya keren juga kalo ada Jurusan Power Rangers. Kalo udah sarjana dapat gelar S.PR. Kalo ngambil di universitas di jepang mungkin gelarnya S.SS (Sarjana Super Sentai). Kalo lanjut S2 dapat gelar M.PR dan bisa lanjut S3 juga untuk meraih gelar doktor di bidang kepowerrangersan.

Ujian masuknya mungkin lewat SNMPRN (Seleksi Nasional Menjadi Power Ranger Negara). Jadi ada ujian tertulis gitu, tentang kemampuan umum. Tak lupa juga ada ujian praktek, seperti ujian bela diri. Tapi kursi yang disediakan gak banyak. Cuma bisa 5 orang yang bisa lolos ke jurusan ini. Karena emang power rangers cuma ada 5 kan. Kalo gagal dari SNMPRN bisa coba jalur PRJK (Power Rangers Jalur Khusus). Dari jalur ini biasa diterima ada 1 atau 2 mahasiswa. Kalo lulus jalur ini, biasanya kalo tamat dia bakalan jadi power rangers spesial atau pembantu power rangers lainnya, contohnya si power rangers titanium ato power rangers quantum.

Mahasiswa yang lolos masuk, akhirnya pun harus melewati ospek di jurusan ini. Gak jelas sih, apakah ospeknya mereka model hiburan ato model seminar. Model hiburan itu ya kayak, disuruh buat kostum power rangers dari kertas koran, ato disuruh kepang rambut menurut bulan kelahiran. Lalu disuruh bawa berbagai jenis makanan mulai dari tempe bentuk bintang dengan ketebalan 12,345 cm dan disuruh bawa ayam komplit plus susu basi. Ato mungkin model seminar, jadi seminar-seminar aja semua ospeknya. Mulai dari seminar pengenalan kampus, organisasi kampus dan juga kehidupan kampus. Masih belum diketahui. Sekarang masih nunggu surat keputusan dari rektorat. Harap sabar ya panitia.

Nah siap ospek dimulailah proses kuliah. Jadi mahasiswa baru akan belajar bermacam-macam mata kuliah teori juga praktek tentang power rangers, seperti:
-Dasar-dasar Power Rangers
-Power Rangers dan Masyarakat
-Etika Power Rangers
-Teknik Transformasi (berubah dari manusia biasa jadi power rangers)
-Teknik Operasi Megazord
-Wirausaha Power Rangers
-Sejarah Power Rangers
-Database musuh-musuh Power Rangers, dll

Setiap pertengahan semester dan akhir semester juga ada ujian lho. Jadi ada UAS dan UTSnya juga. Nah, kalo nilai jelek, boleh kok ngulang mata kuliah kebawah lagi. Pastikan aja sksnya cukup.

Nah kalo udah siap kuliah 3.5 tahun, mahasiswa harus ngambil mata kuliah skripsi dan tugas akhir. Jadi tetap harus penelitian juga. Contoh-contoh skripsi yang sudah pernah dibuat dijurusan ini seperti:
-Implementasi Botol Aqua Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kostum Power Rangers
-Studi Kasus: Kenapa Zordon Yang Kelihatan Cuma Kepalanya?
-Perancangan Sistem Pemberitahuan Kedatangan Monster Berbasis SMS
-Penelusuran Genetika Sistem Kekerabatan Antara Ultraman dan Power Rangers
-Tinjauan Kriminologis Kegaduhan Yang Diperbuat Monster-Monster di Bumi dsb

Jadi setiap mahasiswa harus mengajukan judul dulu, baru bisa ikut seminar proposal, seminar hasil dan akhirnya sidang. Selama proses pengerjaan skripsi, mahasiswa wajib bimbingan dengan Dosen Pembimbing 1 dan 2. Tapi proses bimbingan agak seram lho disini. Kalo skripsi banyak salahnya, ato datanya gak valid si dosen gak segan-segan menembak skripsi dengan pistol power rangers ato malah memotong dengan pedang cahaya. Ada juga yang sempat, saking emosinya si dosen sampe manggil megazord untuk ngeluarkan laser ke skripsi mahasiswa bersangkutan. Maklum sih, karena beberapa dosen selain memang alumni power rangers tapi ada juga yang mantan monster yang udah bertobat. Jadi sifat evilnya belum hilang sepenuhnya.

Akhirnya setelah selesai sidang, si mahasiswa pun akhirnya diwisuda. Pas wisuda mereka disuruh baca Tri Marga Power Rangers. Setelah itu, mereka pun boleh berpoto di papan bunga yang ada di luar gedung wisuda. Biasa ada banyak yang aksi dana papan bunga disana. Jadi bisa poto di papan bunga yang ada tulisan:”Selamat Atas Wisudanya Jakup Ginting S.PR”. Yah, itung-itung sebagai kenangan ya.

Setelah tamat, biasanya power rangers ada penempatan. Tapi penempatannya bukan hanya ke daerah-daerah tapi juga sampai ke luar angkasa. Kayak Power Rangers In Space, mereka penempatan di luar angkasa kan.

Nah, setelah membaca posting ini, ada yang berminat ato bercita-cita jadi power rangers? Silahkan tunggu pembukaan pendaftarannya di studio Saban ato Toei Animation.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya😀

NB: ini sepenuhnya fiksi dan hasil imajinasi. Jika ada kesamaan kisah, cerita atau tokoh sama sekali tidak dalam unsur kesengajaan🙂

21 thoughts on “Kalo Power Rangers Ada Universitas dan Jurusannya

  1. Imajinasinya tinggi banget, saya aja gk nyampe. (ノД`)
    Terus monster harusnya ada jurusannya juga dong, soalnya setau saya tiap power ranger, monsternya juga berbeda. Ntar ada teknik memperbesar badan. :p

  2. Sempat-sempatnya mikirin ‘rancangan’ kuliahnya power rangers😀
    Tapi itu yg bagian judul penelitian “Kenapa Zordon yg Kelihatan Cuma Kepalanya?” boleh juga tuh dibikin studi kasusnya, aku juga penasaran soalnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s