Kampanye “Singing With Understanding” Saat Latihan Lagu Pujian  Natal


image

Sekarang adalah bulan November. Berarti sudah dekat dengan bulan Desember. Emang ada apa di bulan Desember? Ya pasti kita semua tau kan, kalo di bulan Desember nanti kita akan merayakan Natal, merenungkan kembali kenapa Tuhan Yesus lahir dan hadir di dunia penuh dosa ini.

Di era yang penuh dengan komunitas ini, tentunya kegiatan yang diadakan di komunitas tersebut bisa meningkatkan kebersamaan diantara anggota komunitas. Salah satu kegiatan yang sering diadakan oleh komunitas adalah merayakan Natal. Gereja, kampus, perusahaan, pemerintah, sekolah dan banyak komunitas lainnya biasanya merayakan Natal di masing-masing komunitasnya. Dan di setiap Natal, umumnya ada persembahan pujian apakah itu koor, vokal grup atau vokal solo yang di persiapkan untuk ditampilkan di ibadah Natal nantinya. Dan di sinilah fokus yang aku soroti.

Jadi sekarang ini setiap komunitas pasti sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan kebutuhan untuk perayaan Natal nantinya. Apakah itu mencari dana, menyebar undangan, mempersiapkan peralatan dan juga latihan persembahan lagu. Dalam latihan lagu ini, biasanya berlatih lagu dan kalo koor, berlatih not di awalnya. Intinya disitu kita belajar untuk mengetahui bagaimana nada lagu itu dinyanyikan. Namun ada satu hal lagi yang penting untuk dipelajari dalam kita latihan lagu. Apakah itu? Yap, itulah yang kumaksud dengan Singing With Understanding.

Aku pertama kali lihat istilah Singing With Understanding di buku gita sorgawi. Aku mengerti, bahwa arti Singing With Understanding itu artinya “Bernyanyi Sambil Memahami”. Awalnya aku sangat sulit untuk melakukan konsep ini. Karena aku terbiasa dengan bernyanyi ya cukup tau nada saja, tanpa harus mengerti apa sebenarnya pesan dan makna yang mau disampaikan oleh lagu tersebut. Akhirnya lama-kelamaan, disaat aku “mau” belajar untuk bernyanyi sambil memahami, aku diizinkan Tuhan semakin baik dalam memahami sebuah lagu pujian. Saat bernyanyi aku jadi semakin bisa menikmati sebuah lagu terlepas dari bagaimana nadanya, enak ditelingaku atau tidak. Kalau dulu, aku hanya mau bernyanyi lagu yang enak di dengar saja, tanpa perlu mengetahui maknanya. Tapi setelah belajar memahami lagu, aku pun mengerti dan semakin bisa memuji Tuhan lewat lagu pujian itu. Tak jarang juga aku dievaluasi dari sebuah lagu, aku mendapat pengenalan yang baru kepada Tuhan dari sebuah lagu dan juga aku mendapat semangat yang baru saat menyanyikan sebuah lagu.

Jadi kali ini, aku mau mengajak teman-teman semuanya, yang sedang latihan lagu untuk persiapan Natal, yok kita belajar Singing With Understanding. Bisa kita mulai dari banyak cara. Apakah sebelum latihan, si pelatih koor bisa mengajak anggota koor untuk memahami apa makna lagu itu terlebih dahulu. Atau juga, bisa dilakukan masing-masing saat berada di rumah kita pasti membawa pulang lirik lagu tersebut. Kita bisa pahami apa maknanya. Dengan memahami apa yang menjadi makna lagu, saat bernyanyi kita akan lebih menikmati lagi dan bisa memberikan pujian yang begitu berbeda.

Orang yang mendengar nyanyian kita pun bisa fokus kepada makna lagu, bukan hanya kepada bagusnya suara kita bernyanyi. Dan akhirnya Tuhan pun akan semakin ditinggikan, karena kebesaran-Nya tergambar dari makna lagu yang kita nyanyikan. Menyanyikan lagu pujian kepada Tuhan tentu berbeda dengan bernyanyi lagu-lagu yang tidak ditujukan untuk memuji Tuhan. Lagu pujian kepada Tuhan itu mengubahkan diri kita.

So yok, kita belajar Singing With Understanding. Dicoba aja dulu pelan-pelan. Semoga pas latihan nanti, kita tetap ingat untuk memahami dulu apa maksud lagu ini. Harapannya, di saat kita sudah lama-lama latihan, mengorbankan banyak waktu tapi eh ternyata tidak maksimal dalam memuji Tuhan karena kurang memahami makna lagu kan sedih juga ya, hanya sekedar bernyanyi dengan nada yang benar dan enak di telinga. Biarkan penyembahan kita jadi bermakna. Walaupun suara kita tidak terlalu bagus, tidak masalah tapi yang penting kita bisa memberikan pujian yang benar kepada Tuhan karena memahami maknanya. Jangan lupa berdoa sebelum bernyanyi ya, biar Tuhan sampaikan apa sebenarnya yang Dia mau kita pahami dari lagu pujian itu. Semangat semua🙂

6 thoughts on “Kampanye “Singing With Understanding” Saat Latihan Lagu Pujian  Natal

  1. Dengan memahami makna lagu yang kita nyanyikan, kita jadi lebih bisa sepenuh hati dalam memberikan pujian. Selain itu lagu yang dinyanyikan dengan hati (memahami makna lagu) tentu lebih terdengar istimewa.
    Selamat menyambut Natal!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s