Konsultasi Masalah Laptop Di Acer Customer Service Center Medan


image

Hellohai semua.
Jumpa lagi di postingan selanjutnya.
Di postingan ini aku mau bercerita tentang pengalamanku saat berkonsultasi masalah laptopku yang rusak di Acer Customer Service Center di Medan.
Waktu aku mau bawa laptopku ini ke service center, cukup banyaklah keringat yang tercurah. Mulai dari cari-cari info lokasi pasti service centernya, angkot kesana dsb.
Jadi bagi yang punya laptop acer yang sedang rusak, ataupun yang baru beli laptop acer silahkan dibaca kisahku ini, supaya ada persiapan kalo gimana-gimana nanti.
Yok kita cekidot🙂

Jadi ceritanya, aku punya laptop Acer 4736G yang aku beli tahun 2009. Laptop itu aku beli siap inagurasi di kampus, jadi itung-itung hadiahlah setelah selesai “bersenang-senang” di inagurasi S-1 Ilmu Komputer USU di sibolangit di bulan november.
Laptop ini begitu setia menemaniku, baik itu dalam ngerjakan tugas, nonton film, main game, internetan, skripsian dsb. Setelah 4 tahun bertugas, akhirnya dia pun mulai menunjukkan tanda-tanda mau pensiun. Selama ini sih gak pernah ada kerusakan yang berarti, kadang mau mati tiba-tiba kalau kepanasan. Tapi setelah dinyalakan kembali bisa lagi. Nah, di tahun ke-5 inilah dinyalakan cuma bertahan sampai logo windows xp, setelah itu mati. Jadinya sama sekali gak bisa digunakan.

Sebenarnya untuk penggunaan sekarang, tidak sebanyak saat aku masih kuliah. Tapi ya tetap aja laptop ini penting, karena kadang mau ngetik lamaran ataupun cari info-info lowongan *pengangguran oh pengangguran*. Jadinya aku pun berniat membawa laptopku ini ke tukang service. Sempat terpikir untuk bawa ke tempat service biasa, tapi akhirnya aku pikir lebih baik dibawa ke service centernya langsung. Kan lebih terjamin dan terpercaya pikirku.

Beberapa hari kemudian aku bawa laptopku ke acer center di plaza medan fair Medan. Aku udah capek bawa tas berat, soalnya rencana abis itu mau pulang ke kampung. Sampai di acer centernya aku bilang sama penjaganya kalau mau perbaiki laptop. Lalu dibilang kakak penjaga itu kalo di situ gak bisa perbaiki laptop, tapi hanya jual laptop acer saja. Katanya kalo mau perbaiki laptop di service center yang di Jl. Bambu II glugur.
Wah akhirnya aku pun pulang ke kampung, tetap membawa laptopku dengan berat.

Sampai dikampung, aku mencari tahu dimana sebenarnya lokasi service center itu. Aku googling dan akhirnya ketemu alamat lengkap acer customer service centernya : ACSC MEDAN Kompleks Graha Niaga
Jl. Bambu II No. A-9 Medan – 20114
Kata kakak penjaga itu di daerah glugur. Tapi masalahnya aku gak tau glugur itu dimana dan angkot kesana apa.

Sepulang kembali ke medan, aku pun mulai bertanya-tanya ke teman-temanku dimana letak jl bambu 2 glugur itu. Banyak juga yang gak tau. Tiba-tiba teringat ada google maps, jadi aku coba masukkan alamat itu di google maps, dan ketemu. Tapi sayangnya di google maps gak dikasitau apa angkotnya kesana. Perlu ditambah fitur angkot ini bang sergey dan bang page di google maps. (Mereka itu pendiri google :D)

Setelah mengumpulkan banyak informasi, akhirnya dapat juga angkot yang bisa mencapai lokasi service center tersebut. Kalau dari padang bulan angkot yang sampai kesana adalah angkot 67.
Aku pun naik angkot 67 kesana. Aku bilang ke abang supir supaya aku diturunkan di simpang glugur. Setelah kulihat-lihat keadaan sekitar, ada angkot 32 juga yang menuju kesana. Tapi aku gak tau angkot 32 ini daerah tujuannya kemana aja, soalnya aku juga baru kali itu juga ngelihat angkot 32. Masih banyak angkot yang gak kutahu di kota medan ini bah.

Sampai disana aku pun turun di simpang glugur. Simpang glugur ini sebelum pajak glugur. Aku pun mencari gedung GRAHA NIAGA tersebut. Kalo dari pajak glugur, belok ke kanan. Aku pun langsung mendapat plang Acer disitu. Aku pun berjalan kaki kesitu.

Masuk ke dalam aku disambut seseorang, yang kupikir adalah satpam, karena dia yang menyambutku dan membukakan pintu. Tapi dia berpakaian seragam acer, bukan seragam security. Tapi gak apalah. Setelah itu aku disuruh antri dan mengisi formulir yang telah disisipi no antrian. Aku dapat no antrian 11, sedangkan yang sedang dilayani itu no.9. Tak lama kemudian, aku pun dipanggil oleh seorang customer service. Dia meminta formulir keluhan yang kuisi dan meminta laptopku.
Cek sana-sini, akhirnya dia menyampaikan kesimpulan dari hasil analisisnya terhadap laptopku.
Mbak CS ini mengatakan kalau di acer service center ini, service laptop dilakukan dalam bentuk penggantian spare part, bukan memperbaiki seperti menyolder atau membersihkan. Dan dia menyampaikan, kalo spare part setiap seri laptop acer hanya disediakan 3 tahun saja dari tahun pembuatan. Jadi laptopku yang keluaran tahun 2009, spare part yang tersedia hanya sampai tahun 2012. Ini dikarenakan laptop dengan seri baru yang terus menerus keluar, oleh karena itu spare part yang tersedia juga dibatasi waktu.

Karena memang spare partnya sudah tidak ada lagi, mbak cs ini menyampaikan beberapa opsi padaku. Opsi yang pertama, dia menyarankan untuk aku tetap memberikan laptopku dicek di service center ini, untuk mengetahui apa sebenarnya kerusakannya. Walaupun sebenarnya spare partnya tidak tersedia lagi, tapi paling tidak bisa tahu apa kerusakan sebenarnya. Opsi kedua adalah laptop ini dibawa ke tempat service laptop biasa bukan official, karena biasanya mereka bisa memperbaiki ataupun punya spare part bekas, mungkin ada yang menjual laptop ke mereka. Aku pun memilih opsi kedua.

Jadi itulah pengalamanku saat membawa laptopku ke service centre. Dari pengalaman ini aku menyimpulkan beberapa kesimpulan dan saran bagi teman-teman yang mungkin mengalami hal yang sama denganku. Berikut kesimpulan sarannya:

1. Bagi yang di medan, kalau mau service laptop, langsung ke yang di jalan bambu 2 saja, soalnya mungkin yang di plaza medan fair itu untuk menjual laptop asli acer saja. Angkot 67 dari padang bulan, pokoknya yang lewat simpang glugur.
2. Di service center ini sistemnya bukan memperbaiki atau menyolder bagian laptop kita yang rusak, tapi dengan mengganti spare part. Oleh karena itu ketersediaan spare part berpengaruh dengan proses servicenya.
2. Kalau memang laptop kita rusak, dan masih dalam kisaran 3 tahun setelah pembelian, bawa saja ke service center ini. Karena walaupun akan diganti spare part, tapi umumnya laptop acer di garansi sampai 3 tahun. Kalau sudah lewat 3 tahun, spare partnya tidak diproduksi lagi.
3. Untuk lebih yakin apa masalah laptop sebenarnya, menurutku tidak masalah kalo di cek terlebih dahulu di service center ini. Lebih terjamin untuk mengetahui sumber masalahnya, karena memang orang-orang yang paham arsitektur laptop acer yang akan memeriksanya. Tapi ini tetap dikenakan biaya sebesar Rp 88.000. Aku tidak memilih opsi ini, karena keuangan terbatas, hehehe

Demikianlah pengalaman serta saran-saranku untuk teman-teman yang punya masalah sama, atau yang mau wanti-wanti terhadap laptopnya. Kiranya berguna.
Gbu🙂


Yok cekidot postingku yang lain

kalo-medan-banjir-terus ongkos-google-maps universitas-power-rangers

28 thoughts on “Konsultasi Masalah Laptop Di Acer Customer Service Center Medan

  1. Bang, laptop awak kipasnya bising. Kata kawan2 awak, kipasnya kotor itu, jadi service aja, katanya. Menurut abang kalo service kayak gitu harus dibawa ke acer service center atau ke service laptop biasa bang?
    Mohon arahannya bang..

    1. kalo bawa ke acer service center cuma bisa penggantian spare part dek.
      ato bisa juga pengecekan oleh mereka, untuk memastikan apa aja sebenarnya rusak, itu yang kena biaya 88.000.
      menurutku sih coba aja bawa.
      manatau pas pengecekan mereka sekalian bersihkan, dan temukan masalah baru.
      dan kalo masih ada garansi biasanya gratis itu.

      1. Bg mau tanyak lg laptop aq lagi rusak klau di carter masuk tpi di tekan tombol on g mau hidup sama sekali
        Tolong saran nya bg.. ?

  2. Numpang tnya sikit . . . Tgl 19 januri sya bawa laptop sya ke tmpat servis acer di komplek graha niaga jl.bambu II No A-9 . . .
    Sya mw nanya, kira2 brapa hari lg biar sya kesana . . Atau nnti di tlfn baru ksna . . . Soalny sya tinggalny di binjai jadi jauh . . Takutnya ksana nanti malah balik lg krn blm jd . . .

    1. ooh iya, sebelumnya saya mau tanya, kata customer servicenya apa rusak laptopnya bro?
      kalo dari pengalaman saya dulu, kalau mau di check aja laptopnya, bisa nyampe 2 minggu.
      tapi kalo perbaikan spare part kurang tau juga, mungkin lebih dari 2 minggu.

      di kuitansi gak ada dikasitau kapan siapnya bro?

      1. Gan laptop saya Acer e1-470. Kalau main games pess 2013 GK vga nya.
        Kalau ganti vga bisa gan?

    1. biasanya kalo gak keyboard dan touchpad yang rusak, bisa aja ada kabel penghubungnya ke motherboard yang rusak gan.

      tapi coba aja tes dulu, bisa gak masuk ke bios?
      kalo bisa, berarti osnya yang bermasalah.
      kalo gak juga, berarti masalahnya yang diatas.

  3. Bg aku punya laptop acer 4755g.tiba”mati total dan ku cas lampu indikator cas nya mati.kira”apa nya itu yang rusak bang.trims

  4. Bang, saya mau tanya, laptop saya acer tipe 4732 aspire, tiba2 mati total, dicarger tidak masuk arus, dan tidak ada tanda lampu di batrei. Kira kira biaya service nya berapa ya? Terimakasih banh🙂

Leave a Reply

