Bangga Dan Keren Melihat BASARNAS, TNI dan POLRI


Apa ada yang sepakat dengan judul postinganku diatas?
Ato cuma aku yang terlalu lebai bilang mereka itu keren dan membanggakan?

Jadi kali ini aku mau membahas tentang bagaimana aku bangga dan keren saat melihat BASARNAS, TNI, POLRI.

image

Sumber: http://mix.co.id/wp-content/uploads/2014/12/airasia.gif

Seperti yang kita ketahui, minggu lalu salah satu pesawat dari maskapai penerbangan Air Asia QZ8501 dengan rute Surabaya-Singapura kehilangan kontak dengan pusat informasi bandara. Akhirnya setelah dilakukan proses pencarian, diketahuilah bahwa pesawat ini jatuh di sekitar daerah Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Siapakah yang melakukan proses pencarian? Ya, merekalah BASARNAS dan kawan-kawan.

BASARNAS adalah kepanjangan dari Badan SAR Nasional. SAR adalah singkatan dari bahasa Inggris Search And Rescue. Sesuai dengan arti dalam bahasa Indonesia, instansi ini memiliki tugas untuk melakukan pencarian dan penyelamatan korban yang terjadi pada suatu kecelakaan ataupun bencana. Bersama dengan TNI dan POLRi juga bantuan ahli dari luar negeri, mereka bekerjasama dalam proses pencarian dan evakuasi korban tragedi Air Asia ini.

image

Sumber: http://1.bp.blogspot.com/-ltwCxI2cTFA/UjlSHOScP1I/AAAAAAAAAI4/bDxiT-fZz7g/s1600/LOGO+BASARNAS.png

Kenapa Aku Bangga?
Selama beberapa hari ini, aku terus memantau bagaimana mereka bekerja. Mulai dari bagaimana mereka merencanakan dan bertindak. Bukan tanpa halangan mereka bekerja dalam proses pencarian dan evakuasi ini. Cuaca yang buruk serta ombak dan arus laut yang kuat, cukup menjadi ujian bagi tim ini. Ditambah dengan harus bertanding dengan waktu yang semakin hari semakin mempengaruhi kondisi fisik korban yang masih belum berhasil di evakuasi. Bertambahnya waktu, membuat kondisi fisik korban semakin sensitif, apalagi jika tidak dikerjakan dengan hati-hati maka akan memperburuk kondisi fisik korban. Oleh karena itu, ditengah kondisi cuaca yang kurang stabil, tim harus tetap fokus dan berhati-hati dalam mengevakuasi korban.

Di satu video yang kulihat di TV, dimana dilakukan proses evakuasi melalui helikopter. Jadi jenazah diturunkan dengan tali dari atas helikopter menuju kapal. Di tengah kondisi angin yang berembus yang membuat tali bergoyang, pelan-pelan jenazah mulai diturunkan. Salah sedikit saja, bisa fatal akibatnya yang akan membuat kerusakan pada tubuh korban.

image

Sumber: http://jakartagreater.com/wp-content/uploads/2014/09/kopaska-7-e1410393656662.jpg

Tak menunggu sampai kondisi cuaca dan ombak stabil betul, tim penyelam KOPASKA TNI AL dan yang lainnya pun akan langsung segera memulai pencarian dan evakuasi kembali agar seluruh korban yang berjumlah 162 orang bisa secepatnya ditemukan, sehingga bisa sedikit memberikan penghiburan kepada keluarga korban disaat korban sudah berhasil dievakuasi. Disiplin yang tinggi serta istirahat yang cukup harus dikerjakan, karena setiap hari mereka harus mencari. Lelah pasti dirasakan oleh mereka. Tapi itulah yang namanya Pengabdian diri pada negara. Selalu ada resiko dan tantangan, serta harus berkorban.

Begitu pula dengan tim DVI dari POLRI. DVI adalah singkatan dari Disaster Victim Identification. Mereka adalah tim identifikasi korban bencana atau kecelakaan. Mereka berjuang keras dalam mengidentifikasi identitas setiap korban. Bukan hal gampang ternyata dalam mengumpulkan data identifikasi, yaitu data Ante Mortem dan Post Mortem yang sebenarnya aku baru kali ini dengar. Kondisi jenazah yang tidak utuh serta banyak penumpang yang keluarganya ikut menjadi korban membuat proses pencocokan DNA sulit dilakukan, karena harus data vertikal yang dicocokkan (orangtua ke anak). Itulah mengapa walaupun sampai saat ini sudah ada 34 korban yang berhasil dievakuasi namun tidak semua berhasil diidentifikasi. Karena itu tim DVI pun harus memutar otak bagaimana caranya mengidentifikasi korban tersebut.

image

Sumber: http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/dvi-indonesia_20141230_181407.jpg

Suatu hal yang membanggakan disaat internasional pun menunjukkan apresiasinya kepada Tim SAR Indonesia.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/12/30/195119726/Internasional.Puji.SAR.Indonesia.sebagai.Tim.Terbaik.di.Asia

Kenapa Keren?
Aku tidak tau, apakah karena aku suka main game seperti Counter Strike, Call of Duty, Battlefield dsb yang membuat aku merasakan keren proses pencarian dan evakuasi ini. Namun memang itulah yang aku rasakan. Saat melihat di TV bagaimana mereka melakukan briefing sebelum menyelam, aku melihat perhitungan yang mereka lakukan sangat detail. Butuh ketelitian dalam membuat perhitungan yang tepat. Juga saat mereka memulai proses pencarian dan penyelaman. Tentu tidak sembarang orang bisa ambil bagian disini.

Begitu pula dengan peralatan dan kendaraan yang dipakai saat pencarian dan evakuasi, tidak kalah kerennya. Ada sistem pelacak sonar untuk menangkap sinyal, robot ROV untuk melihat dan memeriksa bawah laut, sistem SAR untuk perhitungan lengkap area serta waktu pencarian. Juga dari kendaraan ada KRI, pesawat amfibi rusia, pesawat seahawk amerika dan hercules milik Indonesia. Semua keren, kayak di game-game itu kulihat.

Aku dan kamu mungkin bukanlah BASARNAS, TNI, POLRI ataupun yg lainnya yang terlibat dalam pencarian ini. Tapi tetap kita bisa mengerjakan hal yang sama dengan apa yang mereka kerjakan. Apakah itu?
“Pengabdian Kepada Negara”
Yap, aku berharap nanti aku bisa mengabdikan diriku sebagai ahli Ilmu Komputer yang bisa berguna dan membuat bangga negeriku. Apakah anda adalah orang-orang dibidang statistika, biologi, kuliner, politik, ekonomi, hukum, budaya dan lainnya, kalian juga bisa mengabdikan diri pada negara ini. Memberikan yang terbaik dalam bidang kita adalah bentuk cinta tanah air. Mari bersama membangun negeri ini menjadi lebih baik.

Terlepas dari banyaknya keburukan yang masih terjadi di negeri ini, aku akan tetap katakan bahwa kalian (BASARNAS dkk) keren dan membanggakan. Tetap setia bekerja sampai semuanya tuntas.
Dan tak lupa kita semua bersama berdoa agar proses pencarian, evakuasi dan identifikasi ini bisa secepatnya selesai, dan juga bagi keluarga yang ditinggalkan, Tuhan tetap memberikan penghiburan dan kekuatan.
Tuhan masih melihat dan akan bekerja.

Tetap semangat semuanya.
Selamat mengabdi pada negara.
๐Ÿ™‚

PS:
Have a great adventure for you.๐Ÿ™‚
4

7 thoughts on “Bangga Dan Keren Melihat BASARNAS, TNI dan POLRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s