Aku Teringat Bapakku


Dulu, waktu aku kelas 1 SD, aku pernah ikut les di sekolah. Nah karena les, jadinya aku gak pulang kerumah makan siang.
Tapi ternyata aku tidak dikasi bontot (bekal) untuk makan siang. Oleh karena itu bapakku lah yang jadinya mengantar bekal makan siang samaku.

Bapakku sudah datang sebelum aku keluar jam belajar di sekolah. Jadi bapakku menunggu di TK dekat SD ku. Bapakku duduk di ayunan. Mungkin disangka bapak itu Taman Kota bukan Taman Kanak-kanak makanya dia duduk disitu.

Ada kisah lucunya juga disitu. Disaat bapak duduk disitu, banyak murid yang menyangka bapak adalah guru SD ku, karena mereka melihat kumis bapak mirip dengan kumis guru olahragaku pas SD, Pak HG.

Setelah kami keluar dari kelas, bapak datang ke kelasku sambil membawa makan siangku. Saat kulihat, ternyata bapakku membawa BPK. Wah senangnya hatiku, makan siang pake BPK.

—-

Kemarin, setelah mencuci seprei tempat tidur, aku bercerita dengan kakakku. Katanya ponakanku belum sarapan karena telat bangun. Dan ternyata dia ada les juga hari ini, tapi tidak ada membawa bekal.

Kakakku pun menanyakan apakah bisa aku mengantarkan bekal ke sekolahnya sambil menjemput dia pulang sesudah pulang dari les nanti. Aku pun mengiyakan dan segera bersiap. Karena jam sudah menunjukkan pukul 12.10 sedangkan ponakanku akan masuk les jam 13.00 aku pun jadi tak mandi cuma cuci muka saja kesana.
Tak apalah, masih tetap ganteng kok pikirku. Jam 12.15 aku siap, dan berangkat sambil membawa bekal ponakanku.

Aku naik becak ke SD nya. Ponakanku sekolah di SD Asisi Medan. Dia duduk dikelas 2A. Aku pun sampai di sekolahnya dan mulai mencari dimana kelasnya. Saat kulihat di atas pintu ada tulisan 2A, aku pun berjalan kesitu dan bertanya kepada gurunya apakah Enda Kezia ada disitu. Ternyata ada. Ponakanku terkejut, karena jarang-jarang aku muncul di sekolahnya. Dia pun menjumpaiku dan mengambil bekalnya. Dia makan di dalam kelas, oleh karena itu aku pun meninggalkannya.

image

Saat aku meninggalkannya, tiba-tiba ponakanku berjalan menjumpaiku sambil menangis. Ternyata dia muntah, karena terlalu banyak minum sebelum makan. Dia pun menangis dengan sedihnya dan bilang tidak mau makan. Aku pun mengajaknya untuk duduk dan meyakinkannya harus tetap makan supaya punya tenaga untuk belajar.
Dia pun akhirnya makan.

Saat menemaninya makan aku melihat banyak anak SD berlari-lari, main bola, kejar-kejaran dll. Emanglah kalo masih SD gak ada beban apa-apa ya.

Sesudah dia makan, dia pun kembali ke kelas. Dan aku berjalan berkeliling sekolahnya, kuamat-amati bangunan sekolahnya.
Di sekolah ini ternyata ada SMP nya juga. Di waktu aku lewat di kelas SMP, banyak siswi SMP yang malu-malu kucing melihatku. Ini karena aku terlalu ganteng ato karena tak mandi, kurang jelas juga aku. Aku pun terus berjalan, sampai akhirnya aku pun duduk di kantin, menunggu ponakanku yang keluar pukul 15.00.

Di kantin aku duduk bersama para ibu-ibu yang juga sedang menunggu anaknya pulang les. Mereka cerita banyak hal. Mulai dari masalah sekolah sampai masalah pribadi. Cuma aku laki-laki disitu. Sahlah aku jadi yang paling tampan di kantin.

Aku memilih tidak bergabung dalam cerita ibu-ibu itu. Karena aku juga kurang kenal. Memang dari rumah aku sudah membawa buku, karena aku tau aku akan menunggu. Jadinya aku membaca buku sambil menunggu ponakanku.

—-
Sudah 14 tahun bapakku tiada. Tanggal 18 di bulan februari ini akan jadi 15 tahun. Tapi akhirnya semalam aku teringat lagi sama bapak. Tidak banyak kenangan yang kuingat bersama bapak, tapi aku bersyukur saat aku menunggu ponakanku di sekolah kemaren, aku jadi ingat bagaimana bapak menungguku di sekolah juga dulu.

We miss bapak🙂

image

9 thoughts on “Aku Teringat Bapakku

Leave a Reply

