Apa Itu Follow Up?


Lihat ulasan saya tentang aplikasi-aplikasi yang unik di Ledakan Imajinasi.

Kegiatan-kegiatan
Sebagai mahasiswa banyak kegiatan yang dikerjakan di dunia kampus. setiap kegiatan yang dikerjakan tentu memiliki tujuan untuk dilaksanakan. Jika tidak ada tujuan maka buang-buang energi dan uang namanya. Untuk melihat apakah tujuan dari sebuah kegiatan tercapai atau tidak maka dibutuhkan yang namanya follow up atau tindak lanjut.

(di bagian ini saya akan menggunakan kata “tindak lanjut” agar tidak terlalu rancu penggunaannya dalam contoh)

Tidak hanya dalam kegiatan di kampus, di dalam kehidupan sehari-hari pun kita melakukan tindak lanjut. Semisal kita makan. Setelah makan kita akan menindak lanjuti, apakah kita kenyang atau tidak? Jikalau kita kenyang maka kita akan duduk sebentar sebelum beraktivitas. Tapi kalau kita tidak kenyang, maka kita akan menambah santapan kita atau memakan cemilan. Kita ambil contoh lain misalkan dalam studi kita. Di satu semester kita sudah belajar dan akhirnya mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Di akhir semester saat Kartu Hasil Studi dikeluarkan, ternyata Indeks Prestasi kita sangat turun. Apa tindaklanjutnya? Berarti tindaklanjutnya adalah di semester berikutnya saya harus belajar lebih tekun lagi dan memperbaiki kualitas belajar saya. Mungkin analogi ini bisa menggambarkan bahwa follow up atau tindaklanjut ini adalah hal yang alami yang terjadi dalam diri kita.

Proses tindak lanjut ini bergantung kepada tujuan dari hal yang dilakukan. Misalnya kita mengadakan suatu kegiatan pekan olahraga dan seni di kampus. Tujuan pentas seni ini adalah untuk mengajak setiap mahasiswa berkontribusi dalam wujud menampilkan segenap bakat dan talenta di bidang seni dan olahraga. Disaat pelaksanaan di hari H, semua mahasiswa akan menampilkan kemampuannya dan dengan berakhirnya kegiatan ini maka tercapailah tujuan yang diharapkan karena semua mahasiswa telah menampilkan talenta dan bakatnya. Apakah mahasiswa bakat dan talentanya bertambah atau semakin baik setelah porseni ini,tidak akan dipantau lebih jauh lagi karena bukan merupakan tujuan kegiatan ini. Tindaklanjut hanya dikerjakan di saat pengerjaan kegiatan ini sampai pelaksanaan laporan pertanggungjawabannya saja. Evaluasi tetap dikerjakan, namun itu bukanlah untuk ditindaklanjuti di kegiatan porseni tahun berikutnya, karena porseni ini tidak dikerjakan berkesinambungan( saling berhubungan) tahun ke tahun namun berdiri sendiri.

Namun lain halnya jika tujuan dari suatu kegiatan adalah jangka panjang dalam artian tidak hanya dilihat saat kegiatan berhasil dikerjakan namun di waktu selanjutnya. Misalnya kegiatan penyegaran rohani semacam retreat. Tujuan kegiatan ini umumnya adalah untuk membangkitkan kembali kerohanian serta gairah dalam mengerjakan pelayanan kepada Tuhan. Juga untuk membangun hubungan yang lebih dekat lagi dengan Allah. Jadi tujuan retreat ini tidak hanya terjawab saat kegiatan ini berlangsung tapi harus di lihat apakah di masa selanjutnya setiap orang yang mengikuti retreat ini semakin bergairah dan bersemangat dalam melayani serta semakin dekat dalam pengenalan akan Tuhan atau tidak? Tindaklanjutnya akan bergantung pada bagaimana akhirnya setiap peserta bisa mencapai tujuan kegiatan ini.

Tentang Follow up
Apa itu follow up. Follow up adalah sebuah idiom bahasa inggris yang berarti “tindak lanjut”. Apa yang ditindaklanjuti?
(mulai dari bagian ini ke bawah, saya akan menggunakan kata “follow up”, karena kata ini yang sering digunakan mahasiswa dalam merujuk kepada kata “tindak lanjut”)

Melalui diskusi yang saya kerjakan bersama beberapa teman-teman, timbul beberapa pertanyaan mengenai follow up . Berikut pertanyaan-pertanyaan serta jawabannya.
1. Apa itu follow up?
Follow up adalah proses tindaklanjut dari sebuah kegiatan
2. Mengapa harus mengerjakan follow up?
Untuk melihat sudah sejauh apa kegiatan itu berdampak (dan tambahan dari saya: untuk melihat sudah sejauh mana tujuan kegiatan itu tercapai)
3. Apakah ada kegiatan yang tidak membutuhkan follow up?
Tidak, semuanya butuh follow up
4. Siapa yang memfollow up dan yang di follow up?
Yang memfollow up adalah orang yang mempersiapkan kegiatan tersebut
Yang difollow up adalah orang yang ikut dalam kegiatan dan yang mempersiapkan kegiatan itu (untuk melihat bagaimana juga dampak kegiatan tersebut terhadap si pelaksana kegiatan)
5. Bagaimana memfollow up sebuah kegiatan?
– Melalui angket
– Mengerjakan sharing atau wawancara
– Mengadakan kegiatan lanjutan
6. Apa yang terjadi kalau tidak ada follow up?
Tujuan dari suatu kegiatan tidak diketahui apakah tercapai atau tidak. Serta cenderung kegiatan sepertinya kurang berdampak atau sia-sia karena tidak diketahui bagaimana hasilnya.

Kondisi Follow Up di Pelayanan Kampus Saya
Kembali dari evaluasi yang saya kerjakan bersama-sama dengan teman-teman, kami mendapati beberapa kondisi follow up yang dikerjakan di pelayanan kampus kami beberapa tahun ini:
1. Tidak fokus dalam mengerjakan follow up karena terlalu banyak kegiatan yang dikerjakan
2. Kurang semangat untuk follow up
3. Banyak yang harus di follow up namun yang mengerjakan follow up sedikit
4. Cara follow up tidak jelas
5. Pengerjaan follow up sering tidak dipantau lebih lanjut
6. Sudah merasa puas saat kegiatan sudah selesai dilaksanakan
7. Yang mengerjakan follow up tidak mengerti apa yang menjadi tujuan dari kegiatan yang akan di follow up

Oleh karena beberapa kondisi diatas, perlu dipikirkan solusi agar follow up bisa lebih maksimal dikerjakan, yaitu:
1. Review kembali apa yang menjadi tujuan dari kegiatan tersebut agar orang yang akan mengerjakan follow up bisa serius mengerjakannya
2. Perlu orang-orang yang fokus khusus untuk memfollow up kegiatan tersebut
3. Perlu adanya metode follow up yang jelas dan dapat dievaluasi
4. Perlu pemantauan kepada orang-orang yang akan di fu

Ini adalah hasil diskusi beberapa orang dan bukan bersifat mutlak harus seperti ini. Tidak menutup kemungkinan bagi teman-teman ingin memberikan saran dan masukan agar proses follow up ini bisa berjalan dengan baik.
Tetap semangat bagi kita semua🙂

6 thoughts on “Apa Itu Follow Up?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s