[Bazaar Online] Pembatas Buku Corak Karo Dari Undangan Bekas


Pesta. Siapa yang tidak suka dengan pesta. Suatu acara yang meriah yang dilaksanakan untuk merayakan suatu sukacita besar seperti pernikahan atau ulang tahun.
Bukan pesta namanya kalau hanya dihadiri oleh satu orang. Tentu ada orang-orang yang diundang ke pesta tersebut. Dan hampir semua orang dari semua kalangan pernah mengikuti pesta, terlepas semeriah apa pun pesta itu dibuat.

Di suku Karo juga ada banyak pesta yang diadakan. Ada pesta untuk merayakan pernikahan seorang anak di tengah keluarga, pesta kelahiran buah hati, pesta memasuki rumah baru dan sebagainya. Pesta-pesta ini memiliki alurnya masing-masing yang sudah diatur lewat peraturan adat suku Karo.

Di rumahku ada banyak undangan pesta suku Karo. Setiap minggunya bisa ada 1 atau 2 undangan yang diantar ke rumah. Undangan-undangan tersebut biasanya undangan pesta pernikahan saudara atau kenalan orangtuaku, namun ada juga undangan pesta yang lain. Karena tiap minggu selalu ada undangan yang datang, jadinya setiap tahun ada banyak tumpukan undangan yang ada dirumah. Dan jika digabungkan dengan undangan-undangan dari tahun-tahun sebelumnya maka sudah ada ratusan undangan yang ada di rumah kami. Rata-rata kondisi undangan ini masih bagus. Sayang rasanya kalau undangan ini ujung-ujungnya harus dibakar. Aku berpikir apa ya sesuatu yang bisa dibuat dari undangan-undangan ini?

IMG_2029copy

Aku pun mengamat-amati undangan-undangan tersebut. Aku melihat selalu ada gambar corak suku Karo di undangan tersebut. Dan juga hampir di semua undangan yang aku lihat, selalu ada gambar kain tradisional Karo seperti uis gara di sebelah kirinya. Uis gara adalah sebuah kain yang biasa dipakai oleh wanita Karo dalam acara suku Karo. Tiba-tiba terlintas ide di pikiranku. Mengapa aku tidak membuat pembatas buku dari undangan bekas ini. Corak suku Karo yang ada di undangan ini bisa aku gunakan sebagai gambar untuk pembatas buku. Jadinya aku bisa buat pembatas buku bercorak Karo.

Aku pun mencoba membuat beberapa desain pembatas buku, dan akhirnya sudah jadi beberapa. Pembatas buku ini terdiri dari dua bagian, bagian depan dan belakang. Bagian depan adalah gambar corak kain tradisional Karo dan pernak-pernik suku Karo lainnya. Di bagian belakang, aku tuliskan kata-kata motivasi serta ayat Alkitab. Pembatas yang sudah jadi aku laminating, agar lebih menarik dan tahan lama.

IMG_1828copy IMG_1829copy IMG_1827copy IMG_1825copy IMG_1840copy IMG_1839copy

Sekarang aku memang masih menganggur. Dan aku rasa ini ide bagus untuk memulai usaha. Tapi karena aku sebenarnya lulusan jurusan ilmu Komputer ,aku sedikit bingung dalam memulai merintis usaha ini. Aku punya blog, ya blog ini yang sudah berumur 5 tahun. Aku suka menulis blog ini di masa-masa pengangguranku ini😀. Aku berpikir mungkin aku akan memulai dulu dari memposting bakal usahaku ini di blog pribadiku. Ya mungkin bisa dibilang usaha onlinelah.

Aku berharap usaha ini bisa laku di pasaran. Karena selain bisa menjaga dan melestarikan suku Karo melalui pembatas buku bercorak suku Karo, aku juga bisa mendaur ulang kertas undangan bekas yang mungkin seringkali hanya berakhir dalam pembakaran. Jadi bisa menjaga lingkungan sedikit-sedikit.

Demikianlah ide usaha online yang aku pikirkan.

Kontes Bazaar Online – Pamerkan Bisnismu bersama Ladaka Handicraft dan Layana Shop

17 thoughts on “[Bazaar Online] Pembatas Buku Corak Karo Dari Undangan Bekas

    1. Kalo pake ketik, saya agak susah membuatnya, karena harus sistem tempel dan perhitungannya tepat dan sesuai dengan ukuran undangan yang saya potong. Tapi terima kasih untuk sarannya ya

  1. memanfaatkan narang-barang terpakai lalu bisa menghasilkan uang, mulai marak ya di beberapa tempat. ngasih tambahan penghasilan, plus bantu mengurangi sampah. keren. :))

Leave a Reply

