Dokter dan Sistem Pendukung Keputusan (Pengalaman di Penang Part-2)


Aku baru saja pulang dari Penang, karena menemani mamakku check up. Ada beberapa bagian tubuh mamakku yang dirasakan kurang baik selama ini, sehingga mamak mau check up memastikan apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuhnya. Dan salah satunya bagian hidung dan telinga mamak yang di cek.

Kami pun pergi ke dokter THT di rumah sakit Gleneagles Penang. Berkonsultasi dengan kerabat yang membantu kami selama disana (Bi Ruth Ginting dan Kak Sarce Sopamena) akhirnya kami diarahkan untuk menjumpai dr Palaniappan, dokter spesialis THT.

Segera kami mengatur jadwal bertemu dengan dokter di bagian bawah rumah sakit. Setelah mendaftar, kami bergegas ke lantai tempat ruangan dokter berada.

Ternyata tidak banyak yang mengantri untuk berjumpa dengan dokter, sehingga kami pun bisa cepat jumpa dengan dokter.

Masuk ke dalam ruangannya, kami mendapati dokter yang berada di depan laptopnya yang sudah kelihatan “berumur” atau lama. Juga kami dapati perawat di dalam, juga di depan computer, tapi komputernya lebih canggih dari laptop pak dokter. *dari mataku memandang ya😀.

Dipersilahkan duduk, mamakku pun mulai bercerita tentang apa yang dirasakannya dan disinilah kegunaan laptop akhirnya tersingkap.

Kupikir laptop ini hanya digunakan dokter untuk internetan saja. Ternyata pada waktu mamak menyampaikan keluhan, dokter selalu mengetik sesuatu di laptopnya. Cukup lama dokter mengetikkan sesuatu hingga akhirnya mamak diperiksa secara fisik. Aku pun tiba dalam satu kesimpulan, bahwa yang digunakan dokter itu adalah sebuah software Sistem Pendukung Keputusan.

Memang aku tidak melihat langsung softwarenya, karena seganlah, masak aku pergi ke samping dokter untuk melihat-lihat apa yang diketiknya. Nanti malah dikiranya aku mau minjam laptopnya untuk kupakai main games. Memang pengen pinjam juga sih, soalnya udah lama gak main game karena laptopku sedang rusak -___-. Ehh, tapi bukan itu poinnya. Jadi walaupun aku belum melihat langsung softwarenya tapi aku menduga itu Sistem Pendukung Keputusan.

Apa itu Sistem Pendukung Keputusan?

Sistem Pendukung Keputusan atau yang sering disingkat di kampus kami SPK adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. (wikipedia)

Jadi SPK yang di gunakan si dokter akan memudahkan dia untuk mengambil keputusan, apa sebenarnya yang terjadi dalam tubuh mamakku. Walaupun tidak digunakan sebagai keputusan mutlak, tapi setidaknya itu bisa menjadi bahan perbandingan antara kesimpulan diagnosis dokter dan yang SPK simpulkan.

Apa yang kita pelajari dari sini?

Dokter butuh software yang bisa membantu dia dalam mendiagnosis penyakit pasien. Siapa yang bisa membuat software itu? Ya pasti mahasiswa dan lulusan Ilmu Komputer lah.

Disini saya mau kembali mengajak teman-teman yang sedang membuat skripsi dan tugas akhir untuk membuat penelitian yang berdaya guna dan kalau bisa aplikatif. Karena memang secara fakta itu sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, salah satu contohnya adalah kedokteran ini. Dengan tingkat keakuratan yang tinggi yang kita percaya itu bisa terealisasi dengan penelitian yang serius, maka setiap peelitian yang anak Ilmu Komputer lakukan bisa “sangat” berdampak terhadap hidup seseorang.

Mengapa tidak membuat skripsi yang berguna dan berdampak bagi banyak orang?

Semangat pejuang skripsi🙂

Sumber gambar:http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2013/04/23/article-2313401-19717D6F000005DC-994_468x286.jpg

9 thoughts on “Dokter dan Sistem Pendukung Keputusan (Pengalaman di Penang Part-2)

  1. MJJ, Sekitar 5 tahun lalu saya pernah bertemu dgn KAK RUTH GINTING di Gleneagles Penang, tapi saya kehilangan nomor telp/Hp beliau yg disana. Bisa minta tolong info saya nomor Hp beliau, ada keperluan keluarga yg ingin berobat kesana. Bujur sebelumnya/Andy Mesera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s