Mengapa Harus Berobat Ke Penang? (Pengalaman Di Penang Part 3)


Mengapa banyak orang berobat ke Penang?
Jauh-jauh ke Malaysia untuk check-up saja?
Mau cek darah harus ke Penang.
Mau ngobati pilek, berobat ke dokter THT di Penang
Mau periksa kulit, harus ke dokter kulit di Penang
Mau cantik, harus ke dokter kecantikan di Penang
Mau ganteng, harus ke dokter kegantengan di Penang *ehh, ini gak ada ya😀
Inilah yang terlintas di pikiranku saat aku berada disana.

Ribuan dokter lulus di Indonesia tiap tahunnya, baik spesialis dan umum.
Bukankah sangat sulit untuk masuk di fakultas kedokteran, sehingga orang yang bisa masuk pun pasti memiliki kecerdasan yang baik?
Tapi mengapa ya orang lebih memilih berobat ke Penang saja?
Apakah dokter-dokter kita tidak sanggup memberikan diagnosis tepat yang berujung pada kesembuhan?

Orang yang memiliki kondisi keuangan yang minim pun, kalau diberi sumbangan aku rasa akan lebih memilih memesan tiket pesawat untuk berangkat ke Penang berobat.
Apa yang terjadi dengan rumah sakit di Indonesia?
Kita bayar fasilitas rumah sakit, masuk ke devisa negara Malaysia.
Kita bayar ongkos pesawat dan taksi/bus disana, masuk ke devisa negara Malaysia.
Kita beli makanan di sana, masuk ke devisa negara Malaysia.
Kita niatnya berobat, tapi mau sekalian wisata juga, masuk ke devisa Negara Malaysia
Jadi kapan kita nambah devisa Negara Indonesia?
Ah, ngapain nambah devisa Negara Indonesia, toh di korupsikan juga. *mungkin seperti ini anggapan kita
Nambah devisa ke Negara Malaysia gak apa-apalah , yang penting pulangnya sembuh.

Apa kesembuhan jadi barang yang langka di Indonesia?
Ato sebenarnya tidak. Kesembuhan tetap bisa di Indonesia.
Jadi dimana sebenarnya masalahnya ya?

Yang mau ngasi tanggapan silahkan tinggalkan komentar.
Yok brainstorming.

yang mau lihat pembahasan tentang dokter di penang juga, bisa lihat postku sebelumnya:
https://jakupsinusinga.wordpress.com/2015/03/03/dokter-dan-sistem-pendukung-keputusan-pengalaman-di-penang-part-2/

sumber gambar: naked-traveler.com

4 thoughts on “Mengapa Harus Berobat Ke Penang? (Pengalaman Di Penang Part 3)

  1. Mungkin emang banyak dokter yang lulus, menurut saya sih “kualitas yang membedakan” atau mungkin gengsi kali berobat di Indonesia, “berobat aja gengsi huh!

  2. Gue juga heran. Tapi semoga dengan berbagai sistem semacam BPJS dan kartu indonesia sehat ini bisa memaksimalkan kinerja para pekerja dalam bidang kesehatan dalam melayani masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s