Mau Tahu Dampak Bila Tidak Menjaga Lingkungan? Tonton Film The Lorax


Kemarin aku menonton film the lorax.
Film berkisah tentang sebuah kota bernama ThneedVille, yang sama sekali tidak memiliki pohon asli dan udara segar.
Pohon dibuat di pabrik, dan udara segar menjadi barang dagangan di kota ini.
Mengapa ini terjadi?

Dikisahkan bahwa dulunya ada banyak pohon di sekitar kota ini. Namun seorang bernama Onceler berniat menebang pohon yang ada disitu untuk membuat sebuah kain multifungsi bernama thneed. Awalnya dia hanya menebang satu pohon saja untuk membuat 1 buah kain. Disaat dia menebang pohon tersebut, muncullah penjaga hutan bernama Lorax. Lorax mengingatkannya, bahwa jika once-ler terus menebang pohon yang ada disitu, maka akan mengganggu kehidupan hewan-hewan yang ada di hutan itu.

Awalnya once-ler tersadar, dan akhirnya memutuskan untuk tidak menebang pohon, tapi hanya memanen daun pohon sewajarnya saja. Namun karena tuntutan dari keluarganya, akhirnya ia pun kembali berniat menebang pohon yang ada disitu, untuk memudahkan mengambil semua daun. Dan akhirnya, seluruh pohon pun habis ditebang. Semua hewan pun perfi dari tempat itu. Tak hanya mengganggu hewan, ternyata penebangan pohon itu pun berdampak pada kurangnya udara segar karena tidak ada lagi pepohonan.

——————————————-

Mengapa aku menyarankan film ini bagi yang tidak peduli dengan pohon?
Karena film ini memberi penjelasan yang detail apa yang akan terjadi jika kita tidak melestarikan pohon yang ada. Bila selalu terjadi penebangan pohon secara liar dalam jumlah massif, apa yang terjadi? Berikut beberapa hal yang film ini jelaskan.
1. Hewan akan kehilangan habitat dan akan berpengaruh terhadap proses rantai makanan yang turut mengancam kelangsungan hidup manusia
2. Produksi udara segar langka, karena tingkat polusi begitu tinggi sedangkan pohon yang memproduksi oksigen tidak ada. Akan tiba saat dimana udara segar menjadi barang dagangan (kabarnya 1 tabung oksigen sekarang, yang dipergunakan di rumah sakit harganya Rp 60.000)
3. Orang-orang di kota yang serba canggih dan maju, merasa semua baik-baik saja, padahal di tempat yang begitu banyak pohon sudah gundul. Ini berarti, orang-orang merasa semua baik-baik saja dan tidak peduli dengan kondisi pohon yang semakin sedikit.

Agar lebih jelas, aku menyarankan kalian menonton film ini. Ini adalah film animasi, dan mungkin hanya animasi biasa. Tapi bagiku, film ini jelas menggambarkan apa yang akan terjadi jika pohon terus ditebang akibat kita manusia, tidak bisa mengendalikan keinginan pribadi kita yang seringkali fana.
Jangan sampai tiba saatnya dimana uang tidak bisa berubah jadi oksigen (analogi dari pepatah Indian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s