Hujan di Senin Pagi Kabanjahe


image

Katanya hujan bisa membuat berbagai memori terulang kembali.
Dan kali ini hujan terjadi di pagi hari di kota Kabanjahe.
Bukan facebook, tapi hujan yang mengingatkanku tentang memori beberapa tahun lalu.
Di saat dimana kalau yang namanya hujan di pagi hari, enak kali kalau tidur.
Tapi yang gak enak itu adalah harus bangun di pagi hari, karena hari senin harus sekolah.

Selalu ada pikiran yang berusaha meyakinkan untuk tidak usah sekolah, lanjutkan saja tidurnya.
Tapi nyatanya, pikiran itu kalah juga dengan teriakan kakakku dari dapur ikut sama bunyi kuali2nya.
Ya harus tetap sekolah.
Tak usah mandilah, yang penting cuci muka dan sikat gigi. Habis sarapan pergi ke sekolah.

Di sekolah, seluruh siswa punya harapan yang sama.
Sama-sama berharap upacara tak dilaksanakan, guru terlambat datang dan rupanya ada rapat dadakan.
Jadinya bisa malas-malasan di kelas.
Tapi sayangnya harapan itu selalu sirna.
Upacara bendera tetap terjadi.
Guru datang tepat waktu, menagih janji. (PR :D)
Dan rapat dadakan tak pernah terjadi.

Di tulis di Sinabung Jaya Raya
November 2016

 

PS:

setelah ku survey dari yang telah komen, sepertinya banyak yang bingung sama posting ini ya😀 Gaya bahasaku emang kacau disini😀. Ini sebenarnya sejenis curhatan begitu, bukan puisi🙂

Inti posting ini sebenarnya adalah tentang mengingat kenangan di kampung halaman. jadi kalau mau komentar, boleh kasi komentar terkait itu ya🙂

*padahal rencana mau buat postingan yang bagus di sesi terakhir “berbagi dan komentar” yang akan dihapuskan dari jadwal rutin pojok WB. Kapan lagi coba blogku punya kesempatan dikomentari lebih dari 40 orang🙂

kalau rumah sepi, tiba-tiba ada banyak tamu yang datang, kan senang rasanya kan🙂

will miss this session, berbagi dan komentar.

50 thoughts on “Hujan di Senin Pagi Kabanjahe

  1. Kub… Sori masih gagal paham, ini puisi atau apa? Atau saya bacanya emang lagi ngantuk jadi ga berhasil menangkap isi ceritanya.. Hmm baiklah kubuat kopi dulu kalau begitu. Muehehee

  2. Hujan emang selalu sukses membawa alam pikiran kita kemana-mana. Mengenang memori salah satunya.
    Coba sambil ujan-ujanan deh. Aku suka banget menari di bawah hujan dan membiarkan kenangan masa lalu hinggap bemain di isi kepala.

  3. Haha! Mikir flash back ya, waktu masih bocah, Bang? Kadang2 yg berhasil nempel di otak itu mendatangkan kesan luar biasa kalau dibayangin. ada yg indah, ada yg jengkelin, tapi jd seru sendiri.

  4. Hahaha cemumudhh..
    Kalo skrg msh suka gitu gak klo hujan2 di senin pagi?

    Kalo aku mau brkt kerja trus ujan sih suka bete. Tp kalo ujannya pas wiken, malah enak buat tarik selimut hehe

    Kalo ingatanku ttg uja. Di kampung halaman malah buruk, pernah dimarahin ibuku gara2 malah tidur pas lg ujan deres bgt. Kata ibuku kl ntr banjir gmn?
    Padahal aku tidur gara2 takut ama ujan yg bgitu deras en geledek gedhe2, sendirian pula di rumah.
    Jadi kadang trauma gitu ama hujan. Hiks

  5. Hehehe iya. Saya juga kurang bisa nangkep nih mas. Maaf.

    Tapi berhubung sampeyan nulis : *padahal rencana mau buat postingan yang bagus di sesi terakhir “berbagi dan komentar”

    Saya mau komentarin itu aja ya.

    Itu problem saya juga. Untuk setiap postingan malah. Mau buat postingan yang bagus.

    Tapi kepengen kaya gitu malah bikin jd mumet. Let it flow aja.

    Ledakan imajinasinya, mana?

  6. Mungkin maksudnya bang jakup ingin menuliskan tulisan yg bergaya aforisma. Tapi banyak yg kurang menangkap maknanya yg terkandung dlm tulisan ini, ya itulah bedanya dgn aforisma, tulisan aforisma gayanya seperti tulisan biasa tapi memiliki makna yg tersirat dan tersurat dari setiap kalimatnya. Ya mungkin untuk pembelajaran lagi, da untuk latihan dalam memilih diksi😀

  7. Apapun itu, saya sebagai siswa punya ‘sense’ khusus untuk postingan ini (ehe). Memang kadang” ga bisa dipungkiri siswa itu punya keseragaman mimpi xDDDD tapi yaaa. Kalau begitu terus kapan Indonesia maju kan ya? Sekali dua kali boleh lah.

  8. Merasa teringat dengan masa lalu. Apalagi tanah kelahiran….setelah baca tulisan mas Jakup.

    Suka sama ide yang tidak biasa ini, mas…semoga tercipta ledakan imajinasi yang keren lainnya.

  9. Btw pikiran setiap anak sekolahan tentang hujan dan hari senin juga upacara dan lain-lainnya itu sama ya kayanya? Aku juga gitu pas sekolah dulu. Setiap senin datang rasanya kaya ga siap ketemu guru. Padahal PR ga ada, apa jangan-jangan karena pelajaran awalnya matematika? #eh :’D

  10. Belum terlalu paham dengan artikel ini tapi diksi dan pilihan katanya cukup menarik hehehe seperti kata “Katanya hujan bisa membuat berbagai memori terulang kembali.
    Dan kali ini hujan terjadi di pagi hari di kota Kabanjahe.”

  11. Aku paham Bang, karena dulu aku mengalami hal yang sama. Dan aku acapkali ngobrol dengan orang orang seperti engkau. Orang orang yang memiliki ledakan imajinasi dalam kepadanya. Terus lah berkarya Bang.

  12. Kabanjahe. Aku kenal kota inj dari Buku Bahasa Indonesia saat kelas 6 SD kalau gak salah.😁

    TFS, ditunggu lanjutan ceritanya, mungkin kpn2 mau dilanjutin🙂

  13. Saya juga mengalami hal yang sama dengan Mas Jakub. Sesi terakhir berbagi komentar saya ga berhasil nulis apa2, akhirnya publish draft lama aja.

    Saya sih berharap masih ada berbagi komentar tahun depan.

    #Eh kenapa saya malah fokus sama note nya ya#🙂

  14. Sepertinya saya pernah merasakan keadaan seperti itu, malas bangun, berharap hujan di pagi hari, hingga tidak ada upacara. Atau harapan lain, yang intinya supaya upacara gak jadi hihihi…

    Yup, will miss this session, “berbagi dan berkomentar” ^_^

  15. Mohon maaf kak, aku juga sempat mengira itu adalah rangkaian sajak gitu yang menceritakan foto yang ada di awal postingan 😅
    Baca akhirnya agak gantung, tapi setelah aku baca catatan di bawahnya… diri ini mencoba mengerti :3
    Semangat mengingat kembali kenangan di musim hujan yang didambakan (?) 😁

  16. Hujan di pagi hari itu racoooonn
    Racuuun untuk males2an, hahahaha

    Duh iya, dulu kalo sekolah ga libur juga sekolahnya kalo ujan, padahal kan hawanya enak banget ya buat meluk guling sama tarik selimut. 😂😂😂😂

  17. Walah aku baru ngerti Jakup hee
    pernah ngalamin juga sih dimana jauh dari rumah, terus teringat pengen pulang ke rumah..
    mau ngasih tips juga setelah baca *note*
    saya pun sama, ketika ingin mempublish artikel buat PojokWB harus beda artikel, karena tidak semua yang mengikuti berbagi dan komentar akan mengerti tentang artikel yang kita buat.
    Malah sampai sekarang saya baru sadar, kalau hasil dari “berbagi dan komentar Pojok WB” kadang komentar tidak sesuai dengan artikel..mungkin karena saya juga belum bisa maksimal nulis artikelnya.
    Tapi setalah saya coba rekap, saya baru sadar juga artikel yang sesuai untuk “berbagi dan komentar Pojok WB”, kamu juga coba rekap dari semua artikel yang dipublish di PojokWB supaya tau juga artikel yang sesuai ketika kamu kebagia jadwal

  18. Hehee ketahuan deh. Awal baca memang sempat berpikir, “lha emang si masnya masih usia sekolah? Atau guru? Eh tapi kok ditagih PeEr?”

    Untunglah ada penjasan di bawahnya. Jadi ingat juga nih masa sekolah dulu. Apalagi tinggalnya di lereng gunung. Pagi masih berembun dan harus mandi dan menembus embun untuk sampai sekolah.. hehee jadi kalau beberapa kali bolos mandi itu biasalah ya… #upss..

  19. Kalau tentang hujan ada lagunya bang .

    Hujan kau ingatkan aku pada satu rindu. .

    Dimassa yang lalu. .

    Kampuang nah jauh di mato. . xixix

    Maaf malah nyanyi nih. ..

    Kalau bang jakup krg suka upacara bendera. . aku malah suka banget. . cos motong jam pelajaran xixixxj

  20. hari senin setiap sekolah….
    bena selalu datang telat kalo ke sekolah ya ku tahu abis itu upacara, tapiiii.
    dari kelas 1 hingga lulus, tetap saja selalu telat di setiap hari senin. bahkan bukan setiap senin saja, hari lainnya juga.

    jadi ini curahan hati :)))
    baiklah. aku baru nangkep.

    btw, bena juga akan rindu sih sharing link dan komen itu. hehehe

Leave a Reply

